Berita Bola Terkini : Jose Mourinho Punya Lima Resep Bangkitkan MU

- Berita Bola Terkini : Jose Mourinho Punya Lima Resep Bangkitkan MU
Jose Mourinho. independent.ie

Jose Mourinho sejatinya mempunyai tak kurang sampai lima resep untuk membangkitkan Manchester United yang tengah terpuruk dibawah asuhan Louis van Gaal.

Seiring semakin hot-hotnya rumor kepergian LVG, kencang juga rumor mengenai calon penggantinya nanti. Beberapa nama top sudah dikaitkan dengan MU, namun nama Jose Mourinho menjadi yang paling dijagokan untuk meneruskan tahta kepemimpinan Van Gaal di Old Trafford.

Jose Mourinho memang punya gaya manajemen tim yang cenderung berbeda dengan Van Gaal, sehingga jika ia jadi
menangani Manchester United, maka akan ada sejumlah perubahan yang terjadi bagi Wayne Rooney cs. Berikut lima perubahan tersebut:

Tidak main-main dengan posisi pemain.
Louis van Gaal doyan bereksperimen dengan posisi pemainnya. Musim ini banyak pemain yang tidak ditempatkan pada posisi aslinya. Juan Mata yang sejatinya sebagai Gelandang serang malah diplot menjadi Winger Kanan, Marouane Fellaini yang seharusnya berposisi sebagai Gelandang Tengah ditempatkan sebagai Gelandang Serang bahkan terkadang dijadikan sebagai penyerang.

Mou sebaliknya tidak suka neko-neko, dimana ia tidak mau menghabiskan banyak waktunya untuk mencoba sesuatu yang tidak pasti. Ia lebih memilih mengoptimalkan posisi seorang pemain daripada berjudi dengan menempatkan sang pemain pada posisi yang tidak semestinya seperti yang dilakukan oleh sang meneer.

Pintar menyusun pemain yang tetap.
Salah satu alasan tim tidak solid hingga bulan Desember ini dikarenakan Louis van Gaal juga doyan mengotak-atik susunan pemain yang diturunkan pada setiap pertandingannya. Akibatnya setiap laga tidak ada susunan pemain yang tetap karena sang pelatih terus asyik sendiri dengan bongkar-pasang pemainnya.

Jose Mourinho tidak suka melakukan itu. Selama karir kepelatihannya, Mourinho tidak terlalu suka melakukan eksperimen dengan susunan timnya. Ia suka menurunkan pemain terbaik yang ia punya setiap minggunya, sambil memperhatikan tingkat kebugaran sang pemain. Mou paling sering punya susunan starting line up yang stabil setiap pekannya.

Tidak menekankan Posession Ball.
Selama dua musim ini Fans MU menjadi mual dengan filosfi Van Gaal yang menekankan pada penguasaan bola. Hal ini dikarenakan memang selama di latih LVG, MU punya penguasaan bola yang bagus namun hal tersebut malah berbanding terbalik dengan jumlah gol yang dihasilkan. Gocek bola sana-sini, miskin gol.

Sebaliknya, Mou bukanlah manajer yang mementingkan penguasaan bola. Ia lebih fokus pada bagaimana timnya bisa meraih kemenangan tanpa harus mengandalkan dominasi penguasaan bola dilapangan.

Cepat melakukan persiapan.
Pada awal kedatangannya, Van Gaal menyebut bahwa sebelum bertanding ia akan melakukan sejumlah persiapan, seperti menonton beberapa video pertandingan calon lawannya untuk menganalisis permainan lawan dengan serius.

Meski metode yang bagus, namun metode ini merupakan sesuatu hal yang melelahkan. Seperti yang diberitakan Telegraph, para pemain MU tidak suka dengan sesi marathon video ini karena memakan waktu yang panjang, melelahkan, dan membosankan.

Selama 26 tahun membesut MU, Sir Alex Ferguson jarang melakukan marathon nonton Video pertandingan lawan, alih- alih ia lebih fokus pada mempersiapkan aspek-aspek teknis dilapangan. Untungnya Mourinho lebih mirip dengan Fergie daripada LVG dalam hal persiapan pra pertandingan sehingga para pemain lebih siap dalam aspek teknis ketimbang aspek teoritis.

Serius dukung dipinggir lapangan.
Selama kurang lebih satu setengah tahun membesut MU, Louis van Gaal paling dikenal jarang sekali keluar dari kursi pelatih untuk memberikan instruksi di pinggir lapangan. Jauh dengan era Fergie, dimana pealtih Legendaris itu sering sekali berada di pinggir lapangan sambil meneriakkan instruksi maupun mengintimidasi wasit hingga tidak fokus bekerja karena serangan verbal sang pelatih.

Jika Mourinho resmi menangani United, Mou tidak akan seadem-ayem LVG yang tetap duduk di kursi pelatihnya. Ia akan pergi ke pinggir lapangan, meneriaki bahkan memaki pemainnya. Awan Jakarta. YPWS.