Berita EURO 2016 : Gabor Kiraly Jadi Pemain Tertua Yang Tampil di Euro 2016

7
Berita EURO 2016 Gabor Kiraly Jadi Pemain Tertua Yang Tampil di Euro 2016

 

Berita EURO 2016 — Gabor Kiraly kini menjadi pemain tertua yang ikut tampil di gelaran bergengsi Euro 2016. Kiper Hungaria tersebut juga mengalami hal unik dalam perhelatan kali ini.

Gabor Kiraly, kiper Hungaria, memang resmi menjadi pemain tertua yang tampil dalam sejarah putaran final Euro
sepanjang masa. Saat sang kiper itu tampil di laga melawan Austria pada Selasa (14/06/2016) ia berusia 40 tahun dan 75 hari. Kiraly juga menjadi orang pertama dengan usia kepala empat di sebuah gelaran Euro.

Sebelum Kiraly, rekor pemain tertua di Euro sepanjang masa adalah milik Lothar Matthaus. Sang libero Jerman sukses mencatatkan diri dengan usia 39 tahun dan 91 hari di gelaran Euro 2000. Namun kini rekor tersebut sudah dipatahkan oleh Kiraly. Mengingat ia adalah kiper utama Hungaria, rekor ini dipastikan akan terus diperpanjang Kiraly.

Setidaknya, Hungaria akan tampil dua kali lagi di Euro 2016 kali ini. Artinya, sosok Kiraly juga masih bisa memperbaiki rekornya di laga melawan Portugal dan Islandia. Kiraly sendiri sudah tampil 104 kali untuk timnas
Hungaria.

Yang menarik, Gabor Kiraly ikut menjalani debut bersama Hungaria, ketika berjumpa Austria. Austria itu sendiri merupakan lawan yang sama kala ia memecahkan rekor pemain tertua. Debut itu terjadi pada 1998, dan memberikan kesan istimewa karena Kiraly menghentikan tendangan penalti Toni Polster, top skor Austria sepanjang masa.

Jumlah penampilan Kiraly juga terus bertambah seiring dengan waktu. Caps ke-100nya untuk Hungaria terjadi pada 12 November 2015 lalu di play off kualifikasi Euro 2016. Pada saat itu, sang kiper ikut membantu Hungaria menang dengan skor akhir 1-0 dari Norwegia dalam laga tandang.

Berdasarkan catatan, sosok Kiraly sendiri sudah kenyang makan asam garam pengalaman di tingkat klub. Ia pernah tampil di Liga Jerman bersama Hertha Berlin, Bayer Leverkusen, dan 1860 Munchen. Di ranah Liga Inggris sang kiper kelahiran 1976 juga pernah bergabung dengan Crystal Palace, West Ham, Aston Villa, dan Burnley. Saat ini dirinya masih berlaga untuk Haladas, yang juga merupakan klub pertamanya berkarir sebagai penyetop laju bola lawan. Awan Jakarta. YPWS.