Berita F1: Rio Haryanto Dapat Tawaran Dari Tiga Tim F1 dan Perlu Bantuan

- Berita F1: Rio Haryanto Dapat Tawaran Dari Tiga Tim F1 dan Perlu Bantuan
Berita F1: Rio Haryanto Dapat Tawaran Dari Tiga Tim F1 dan Perlu Bantuan. liputan6

Berita F1: Rio Haryanto mendapatkan tawaran masuk oleh tiga tim di F1. Ia secara mengejutkan dapat kesempatan itu dan kini perlu bantuan.

Tawaran langka  ini muncul setelah penampilan konsisten pembalap Indonesia yang kini ada di urutan kedua klasemen GP2 Series 2015 tersebut menarik minat F1. Namun, untuk mendapatkan seat di Formula 1, bukan hal yang mudah. Rio harus menyiapkan dana hingga Rp 400 miliar!

Performa Rio Haryanto di musim ketiganya di GP2 memang luar biasa. Ia hanya kalah dari Stoffel Vandoorne, pembalap Belgia. Rio yang bermukim di Racing Campos, juga berkuasa di sprint race. Ia sudah tiga kali menang dari enam seri yang digelar. Yaitu di Bahrain, Austria, hingga Britania Raya.

Skill, dana, dan seat

Mimpi tinggi menuju ajang paling bergengsi, Formula 1, kini mulai terbuka. Menurut ibunda Rio, Indah Pennywati, saat ini ada tiga tim yang sudah menawarkan tempat untuk Rio. Namun seperti yang telah disinggung di atas, kendala muncul terkait dengan pendanaan.

“Ada tiga hal yang harus dipenuhi untuk bisa tampil di F1, yaitu skill, dana, dan ketersediaan seat. Skill dan seat sudah ada, tinggal dana yang belum ada. Tak setiap musim ada seat kosong, jadi ini kesempatan bagus. Juara GP2 pun belum tentu bisa ke F1 kalau tidak ada seat,” jelas Indah Pennywati.

Dana untuk balapan F1 memang ekstra besar. Untuk berlaga di tim papan bawah, seorang pembalap harus punya angka di kisaran 20 juta dolar AS. Angkanya bakal lebih gila-gilaan lagi bila yang menawarkan adalah tim papan atas.

“Kalau tim papan bawah mungkin sekitar 20 juta dollar AS, tapi itu juga baru perkiraan. Tapi kalau yang menawari tim papan tengah, ya bisa sampai 30 atau 40 juta dolar AS. Sampai sekarang kami belum punya dana itu,” pungkas Indah.

Saat ini Rio Haryanto tengah membutuhkan bantuan. Ia terus berpacu dengan waktu untuk mengumpulkan dana. Bagaimana tidak, tim-tim F1 biasanya cuma memberikan waktu hingga September tiap musimnya untuk menentukan para pembalap yang akan berkompetisi musim berikutnya. Awan Jakarta. YPWS.