Kalender MotoGP 2017 Tanpa Ada GP Indonesia

kalender-motogp-2017-tanpa-ada-gp-indonesia

- Kalender MotoGP 2017 Tanpa Ada GP Indonesia

 

Kalender MotoGP 2017 akhirnya tanpa ada GP Indonesia. Meski telah dipastikan, namun Indonesia masih berpeluang mencoba untuk tahun berikutnya.

Kalender MotoGP 2017 memang sudah dirilis oleh FIM. Dalam kalender sementara tersebut, tercantum 18 grand prix yang sama seperti tahun ini. Seperti yang sudah diketahui publik, tidak ada GP Indonesia dalam kalender tersebut.

MotoGP 2016 yang berlangsung 18 race itu sendiri digadang-gadang akan tetap menampilkan drama luar biasa di setiap serinya. Akhir pekan ini, banyak yang menanti apakah akan ada juara race kesembilan dalam sembilan race terakhir di ajang ini.

Meskipun Marc Marquez (Repsol Honda) memimpin klasemen dengan selisih begitu masif, ketegangan di sisa kompetisi tetap masih terasa aromanya. Penyeragaman ECU dan pemakaian ban Michelin bisa menjadi kunci panasnya balapan tahun ini.

Beralih ke MotoGP 2017, tidak ada perubahan sama sekali terkait jumlah grand prix yang digelar dan sirkuit yang menjadi ajang balapan. Kalender dimulai pada 26 Maret di Qatar, dan nantinya ditutup pada 12 November di Valencia. Ini berarti untuk ke-15 kalinya secara beruntun, MotoGP diakhir di Sirkuit Ricardo Tormo.

Perubahan masih bisa terjadi dengan catatan tambahan. Alasannya jelas, saat ini masih ada pembicaraan kontrak di GP Malaysia dan GP Inggris. Tetapi dari perkembangan yang ada, tampaknya dua grand prix tersebut tetap bakal digelar seperti tahun ini. Terkait GP Indonesia, sudah lama dipastikan tidak akan dimasukkan ke dalam slot kalender yang ada.

Berikut ini jadwal sementara MotoGP 2017 yang bisa dicermati.

Tanggal – Grand Prix – Sirkuit
26 Maret – Qatar – Losail
9 April – Argentina – Termas de Río Hondo
23 April – Americas – Circuit of The Americas
7 Mei – Spanyol – Jerez
21 Mei – Prancis – Le Mans
4 Juni – Italia – Mugello
11 Juni – Catalunya – Barcelona – Catalunya
25 Juni – Belanda – TT Circuit Assen
16 Juli – Jerman – Sachsenring
6 Agustus – Republik Ceko – Brno
13 Agustus – Austria – Red Bull Ring
27 Agustus – Britania Raya – Silverstone
10 September – San Marino – Misano
24 September – Aragon – Motorland Aragón
15 Oktober – Jepang – Twin Ring Motegi
22 Oktober – Australia – Phillip Island
29 Oktober – Malaysia – Sepang
12 November – Valencia – Ricardo Tormo
Awan Jakarta. YPWS.