Valentino Rossi Jelaskan Kenapa Yamaha Semakin Ketinggalan

valentino-rossi-jelaskan-kenapa-yamaha-semakin-ketinggalan

Awanjakarta.com – Valentino Rossi telah dengan terbuka menjelaskan kenapa kubu Yamaha semakin ketinggalan dari Honda. Hal ini ia utarakan usai kenyataan gelar La Decima gagal lagi ia dapatkan.

Valentino Rossi memang sudah mengakui jika performa Movistar Yamaha kedodoran pada paruh kedua musim ini. Jika di paruh pertama mereka masih bisa bersaing dengan Repsol Honda, beda cerita dengan setengah musim belakangan. Rossi menilai jika hal tersebut disebabkan oleh pengembangan motor Yamaha yang tidak berkembang. Ia tak mau menilai hal ini berkaitan dengan kepindahan sosok Jorge Lorenzo.

Tercatat dalam tujuh race awal musim ini, Movistar Yamaha menjadi kandidat juara MotoGP 2016. Mereka menang race lima kali, lewat sosok Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Namun apa mau dikata nih, setelah deretan kemenangan itu performa Yamaha malah terus menurun hingga delapan race mereka tidak menang.

Honda berkembang pesat.

Dalam delapan race terakhir, sebaliknya kubu Honda malah bisa kuasai empat di antaranya. Satu gelar dipegang Dani Pedrosa di Misano, sisanya punya Marc Marquez hingga menjadi yang terbaik ketika balapan masih menyisakan tiga race.

“Bagi saya, kami (Yamaha) memang sudah memulai musim dengan sangat baik, tapi di paruh kedua musim ini, Honda bisa berkembang dengan pesat dan mereka mengatasi masalah yang muncul di awal musim. Yamaha juga bekerjalah, tapi bagian baru yang dibawa tim ke motor kami tidak bekerja. Kami tidak pernah membuat kemajuan. Musim lalu dan di masa yang sudah-sudah, ketika musim berjalan, biasanya Yamaha bekerja dan performa motor terus ditingkatkan,” ujar Rossi.

“Tahun ini kami juga menjalani tes, tapi dalam kenyataannya nih, kami tetap saja ada di level yang sama. Inilah yang menjadi kunci kegagalan kami di putaran kedua,” pungkasnya. Awan Jakarta. YPWS.