5 Tips Cari Dealer Motor Terbaik Untuk Pertimbangan Anda

8
5 Tips Cari Dealer Motor Terbaik Untuk Pertimbangan Anda
5 Tips Cari Dealer Motor Terbaik Untuk Pertimbangan Anda

Saat ini sudah semakin mudah membeli motor, sebab sudah banyak tersedia dealer-dealer motor dari berbagai pabrikan yang membuat outlet di berbagai daerah, bahkan hingga ke pelosok, dan tempat salah satunya adalah pom bensin.

Hal itu jelas tidak mengherankan lagi, karena jumlah penjualan motor di Indonesia selalu berada pada angka yang tinggi setiap tahunnya, bahkan selalu meningkat. Meskipun begitu, semakin mudahnya kita membeli motor justru akan semakin membuat risiko akan tindak kejahatan semakin meningkat. Sudah banyak kasus penipuan yang dialami konsumen akibat tidak hati-hati dalam memilih dealer.

Nah, agar Anda tidak mengalami kejadian tersebut, berikut ada lima tips dalam memilih dealer motor. Yang paling utama memang jangan buru-buru dalam memberi keputusan:

1. Dealer Harus Mudah Diakses. Pastikan dealer tersebut memiliki akses yang mudah untuk dihubungi dan responsif. Hindari memilih dealer yang susah dihubungi dan tidak responsif. Anda mungkin akan ‘makan hati’ ketika keluhan Anda terhadap kendaraan bermotor yang dibeli tidak ditanggapi dengan baik dan menyenangkan. Semakin lama kerusakan yang ada dibiarkan akibat dealer yang tidak responsif, maka semakin Anda akan mengeluarkan biaya yang jauh lebih besar untuk membenarkannya di bengkel lain.

2.Pastikan Anda Membeli Produk Di Dealer Resmi. Banyak sekali masyarakat yang beranggapan bahwa membeli kendaraan bermotor tidak harus di dealer resmi. Bisa jadi alasannya karena lokasi lebih dekat atau kenal baik dengan yang memiliki dealer tak resmi ini. Disarankan lakukan pembelian di dealer resmi karena tidak jarang terjadi dokumen motor ditahan bahkan kasus motor yang dijual secara tunai namun si mediator justru mengkreditkan motor tersebut.

Embed from Getty Images

Kalau di dalam dealer resmi, hal ini jelas tidak boleh dan tidak mungkin terjadi karena tidak adanya izin resmi untuk melakukan hal-hal tersebut. Jika ketahuan dealer resmi itu bisa jadi ditutup. Selain itu, Anda akan mendapat jaminan keamanan dokumen kendaraan bermotor Anda seperti STNK, BPKB, serta motor dan spare parts yang akan Anda dapatkan merupakan barang original alias asli.

3. Perhatikan Adanya Bengkel Resmi Atau Tidak Di Dealer Tersebut. Ketika Anda membeli motor baru, biasanya akan diberikan voucher servis gratis beberapa kali untuk mengecek kinerja mesin motor tersebut. Bila Anda membeli di dealer resmi yang juga terdapat bengkel resminya, maka Anda akan dipermudah dalam menyerviskan kerusakan yang mungkin terjadi dan penanganannya pun relatif lebih cepat.
4. Tanyakan Layanan After Sales yang Ditawarkan. Biasanya jenis servis yang satu ini merupakan opsional dan memang tidak di semua dealer ada. Jadi Anda perlu aktif bertanya mengenai fasilitas lebih yang ditawarkan oleh dealer, misalnya mengantarkan STNK dan BPKB untuk Anda yang menggunakan jalur tunai dalam pembayaran. Sekalipun ada mungkin setiap dealer menawarkan pelayanan ekstra yang berbeda-beda.

5. Bertanya Pada Orang Lain. Pemilihan dealer motor juga akan memengaruhi proses pembelian motor Anda. Agar semakin menjamin keamanan Anda, coba tanyakan pada orang terdekat yang pernah membeli motor langsung di dealer. Biasanya mereka akan memberikan rekomendasi apakah tempat dealer yang sudah didatangi bisa memberikan layanan yang baik atau tidak.

Jangan buru-buru dalam mengambil keputusan hanya karena dealer motor itu menyediakan motor yang Anda inginkan. Anda menjadi gelap mata dengan langsung membeli motor di sana tanpa menyadari risiko yang bisa diterima. Semoga bermanfaat. Awan Jakarta. YPWS.