Apple Watch Banjir Kritik Karena Baterai Boros dan Aplikasi Lemot

- Apple Watch Banjir Kritik Karena Baterai Boros dan Aplikasi Lemot

Berita Gadget Terkini: Apple Watch, jam tangan pintar Apple, yang digang-gadang sebagai gadget yang cantik dan penuh gaya, kini kebajiran kritik. Hujan kritik karena daya tahan baterai yang boros dan aplikasinya yang “lemot”, demikian diulas sejumlah media terkemuka dunia.

Hal ini jelas akan menghambat penjualan jam mahal tersebut. Apple Watch sendiri akan mulai dijual secara luas pada 24 April mendatang, dengan harga 349 dolar Amerika Serikat sampai 10.000 dolar AS.

“Saat ini Apple Watch adalah pelopor,” tulis jurnalis Wall Street Journal, Geoffrey Fowler yang awalnya sempat menguji gadget anyar itu.

“Tetapi saya tak akan mau membuang 1000 dolar untuk Apple Watch yang saya coba, sementara versi terbarunya akan segera diluncurkan.”

Umumnya ulasan tentang Apple Watch mengeluhkan tentang baterai yang cepat habis dan soal aplikasi pada jam tangan yang sangat lamban ketika diaktifkan. Bukan hanya satu, namun keluhan tersebut dirasakan banyak media.

Nillay Patel, dari The Verge, menulis bahwa satu-satunya yang bisa dikerjakan dengan cepat oleh Apple Watch adalah “menunjukkan waktu”. Patel juga menulis bahwa ketika Apple Watch menyalakan sebuah aplikasi, maka gadget itu akan menyedot data internet yang sangat besar dari iPhone.

“Aplikasi peta di dalamnya sangat pelan,” keluhFowler.

Apple Watch, yang bisa dikoneksikan dengan iPhone menggunakan sambungan nirkabel, bisa digunakan untuk memutar musik, mengecek email, menelepon, dan dimanfaatkan untuk memantau kesehatan penggunanya.

Lauren Goode dari Re/Code menilai, baterai Apple Watch tidak bisa bertahan lama dan jauh berada di bawah kinerja baterai-baterai perangkat pakai (wearable device) lainnya. Scott Stein, jurnalis CNET, memperkuat pendapat Stein, dan mengatakan waktu yang dibutuhkan untuk mengisi ulang baterai juga sangat lama.

Farhad Manjoo dari New York Times juga melengkapi komentar miring atas produk ini. Ia mengatakan bahwa peranti lunak Apple Watch sangat rumit dan tak sesuai dengan teknologi masa kini, yang sebenarnya menjadi ciri khas Apple.

“Jika Anda bisa bersabar dengan baterai yang hanya bertahan selama sehari, aplikasi-aplikasi setengah matang, dan teknologi kuno, maka Anda cocok mengenakan gadget masa depan itu,” sindir Flower. Belum jelas apakah pihak Apple akan mengundur penjualan dan memperbaiki masalah ini atau tidak. Awan Jakarta. YLWS. Reuters.