Daftar Bagian Mobil Yang Harus Diperiksa Sebelum Mudik Lebaran

Daftar bagian mobil yang harus diperiksa sebelum mudik lebaran bisa meminimalkan ancaman terhadap keselamatan Anda dan keluarga. Mudik atau pergi pulang ke kampung halaman pada Hari Raya Idul Fitri merupakan salah satu tradisi yang masih tak bisa dilepaskan oleh masyarakat Indonesia.
Daftar bagian mobil yang harus diperiksa sebelum mudik lebaran bisa meminimalkan ancaman terhadap keselamatan Anda dan keluarga. Mudik atau pergi pulang ke kampung halaman pada Hari Raya Idul Fitri merupakan salah satu tradisi yang masih tak bisa dilepaskan oleh masyarakat Indonesia.

Awanjakarta.com – Daftar bagian mobil yang harus diperiksa sebelum mudik lebaran bisa meminimalkan ancaman terhadap keselamatan Anda dan keluarga. Mudik atau pergi pulang ke kampung halaman pada Hari Raya Idul Fitri merupakan salah satu tradisi yang masih tak bisa dilepaskan oleh masyarakat Indonesia.

Bukan hanya menggunakan transportasi umum saja, masih banyak juga kalangan yang pilih gunakan mobil pribadi untuk mudik tak peduli jarak yang ditempuh jauh. Pilih mobil yang memerlukan persiapan ekstra, baik fisik pemudik maupun kendaraan yang digunakan.

Kendaraan juga berpotensi mengalami kerusakan apabila tidak dirawat dan diperiksa dengan baik sebelum berangkat mudik. Setidaknya ada 11 bagian mobil yang harus diperhatikan dan diperiksa sebelum melakukan perjalanan jauh.

Berikut Bagian Mobil Yang Harus Diperiksa Sebelum Mudik Lebaran:

  • Periksa kelistrikan dan air aki mobil. Hal ini untuk mengetahui besarnya arus yang masuk, atau memeriksa adakah kebocoran arus yang dapat membuat aki tidak dapat menyimpan listrik dalam waktu yang lama. Air aki juga tidak boleh lewat dari pengecekan karena malah akan merusak komponen lain di dalam kendaraan jika mengalami kekeringan.
  • Periksa oli mesin, transmisi, gardan. Oli mesin, transmisi, maupun gardan harus selalu dikontrol karena fungsinya yang sangat penting untuk kurangi gesekan antar komponen. Mengecek hingga mengganti oli mobil sebelum melakukan perjalanan mudik adalah salah satu cara untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Periksa kebersihan filter udara. Filter udara jelas harus dibersihkan guna mencegah tarikan mesin jadi berkurang, bahan bakar jadi lebih boros, suara mesin kasar, hingga membuat mesin mobil ngadat.
  • Periksa air radiator. Kurangnya air radiator malah akan menyebabkan mesin panas atau overheat apalagi kendaraan dipacu dalam waktu yang lama dan jarak yang jauh selama mudik. Jangan lewati pemeriksaan ini.
  • Periksa tekanan angin tepat. Tekanan angin yang tepat bisa cegah ban pecah secara tiba-tiba di tengah perjalanan, juga membantu jarak pengereman menjadi lebih baik, menciptakan kestabilan mengemudi pada kecepatan tinggi ataupun tikungan, daya tahan ban yang lebih baik, serta ikut menghemat bahan bakar.
  • Periksa Wiper. Fitur yang satu ini sangat penting untuk membersihkan kaca dari air hujan, kotoran dan debu yang menempel selama perjalanan mudik.
  • Periksa daya redam shock absorber. Shock absorber merupakan komponen pada kendaraan yang berfungsi menyerap guncangan yang timbul saat kendaraan melewati gundukan atau lubang. Sebaiknya dilakukan pengecekan absorber sebelum perjalanan.
  • Periksa minyak rem dan kopling. Minyak rem yang kotor dan berkurang dapat menurunkan fungsi kerja rem. Minyak kopling juga tidak boleh diabaikan karena apabila minyak kopling bocor, mobil juga tidak akan memiliki tekanan yang cukup untuk mengaplikasikan kopling dan memindahkan gigi transmisi.
  • Periksa filter oli dan AC. Filter oli harus diganti secara berkala karena fungsinya yang penting untuk menyaring kotoran pada oli mobil Anda. Filter AC juga wajib diperiksa agar dapat menyaring udara kotor dari luar sebelum didistribusikan ke dalam kabin mobil.
  • Semir ban. Sepele? Menyemir ban mobil secara rutin bisa membuat ban tampak baru sesuai warna karet ban asli dan menjaga elastisitas ban. Ban yang disemir akan memberikan kesan bersih dan rapi yang menambah kenyamanan Anda dalam perjalanan mudik.
  • Periksa sistem penerangan dan lampu. Lampu utama maupun sein memiliki fungsi yang sangat penting, lebih dari sekadar penerangan melainkan sebagai tanda untuk pengendara lain. Periksa sistem kelistrikannya, terutama sambungan kabel, kondisi kabel, serta bohlam, apakah masih layak atau perlu diganti secepatnya.

Demikian daftar bagian mobil yang harus diperiksa sebelum mudik lebaran. Jangan lupa juga untuk menyiapkan surat-surat kendaraan, ban serep, alat-alat mekanik darurat, serta perlengkapan P3K yang lengkap. Semoga selamat sampai di tujuan dan salam untuk keluarga tercinta Anda di kampung halaman. Awan Jakarta. YPWS.