Bahaya Membiarkan Nge-Charge Hape Semalaman

bahaya-membiarkan-nge-charge-hape-semalaman

- Bahaya Membiarkan Nge-Charge Hape Semalaman

 

Bahaya Membiarkan Nge-Charge Hape Semalaman ternyata bisa cukup merugikan. Hal ini perlu untuk segera Anda ketahui demi mencegah hal yang tidak diinginkan.

Oke, smartphone mungkin memang sangat canggih, tapi Anda pasti juga sadar bahwa smartphone juga bisa gampang habis baterainya. Selain karena seringnya penggunaan, banyaknya aplikasi yang bekerja secara otomatis, cepat habisnya baterai bisa juga disebabkan oleh penggunaan paket data atau WiFi yang membutuhkan lebih banyak energi.

Tapi apakah Anda harus menge-charge hape berjam-jam atau bahkan sampai semalaman? Biasanya handphone dibiarkan tetap tertancap pada kabel charger karena lupa atau kamu ketiduran malam harinya saat mengisi ulang. Meskipun memang smartphone punya sistem sendiri untuk menghentikan konsumsi listrik saat baterai penuh, namun ada risiko juga yang bisa membuat smartphone malah jadi cepat rusak.

Haruskah Anda menge-charge handphone meski sudah mencapai 100% penuh? New York Times mengabarkan bahwa hal ini bisa sangat berbahaya karena kebiasaan ini bisa merusak baterai smartphone. Android dan iPhone dibekali dengan chips yang melindungi mereka menyerap kelebihan energi listrik pada saat baterai sudah terisi penuh.

Bagaimana pun juga, listrik bisa merusak baterai yang terbuat dari lithium ions dari smartphone karena ternyata smartphone masih bisa mengonsumsi kelebihan listrik dan mempercepat penyerapan sehingga membuat baterai jadi cepat rusak.

Belum lagi risiko jika Anda isi ulang listrik hape di atas kasur yang membuat suhu pada smartphone tinggi yang mudah merusak baterai. Perlu diperhatikan juga, hindari charge hape sambil menggunakannya untuk menelepon atau terus- terusan menggunakan aplikasi lain seperti media sosial dan game. Selain menimbulkan panas yang tinggi, hal ini juga bisa memperpendek masa usia pakai baterai Anda. Informasi ini penting jika Anda masih ingin smartphone menjadi tahan lama. Awan Jakarta. YPWS.