Apple Watch Ternyata Bermasalah pada Kulit Bertato

11
- Apple Watch Ternyata Bermasalah pada Kulit Bertato
Apple Watch Ternyata Bermasalah pada Kulit Bertato

Berita Gadget Terkini: Apple Watch ternyata masih bermasalah dengan sensor yang dimilikinya. Perusahaan Apple mengatakan jam tangan pintar mereka kurang berfungsi saat dipakai pada pergelangan tangan yang bertato warna gelap. Tato hitam ganggu sensor pada jam daripada warna tato yang lebih terang.

Sensor pintar tersebut berhubungan dengan fitur yang digunakan untuk mengecek detak jantung sang pengguna. Terdapat lampu LED hijau yang dipadu sengan sensor foto diode yang sensitif cahaya pada fitur tersebut. Sensor mendeteksi jumlah darah yang mengalir pada pergelangan tangan yang tertutupi tali jam. Dari deteksi itulah Apple Watch analisa denyut jantung.

“Perubahan permanen atau sementara pada kulit Anda, seperti tato, bisa mengganggu sensor detak jantung. Tinta, pola, dan kejenuhan beberapa tato dapat menghalangi cahaya sensor, sehingga sulit dibaca secara akurat,” tulis Apple pada situsnya seperti dikutip dari BBC.

Masalah tambahan

Wartawan kantor berita Reuters, Matt Siegel, mengungkapkan, penggunaan Apple Watch untuk kulit bertato membuat jam melakukan penguncian hingga tidak bisa mengirim “png” sebagai tanda pesan masuk. Jelas menjadi masalah tambahan yang harus diperhatikan sang vendor.

“Pembacaan denyut jantung juga berbeda secara signifikan pada pergelangan tangan bertato dan yang tidak bertato, ” ujar Matt.

Sementara itu, pada beberapa video di YouTube juga menunjukkan bahwa pengguna smartwatch ini mengalami kendala ketika dipakai pada pergelangan tangannya yang bertato. Saat digunakan pada waktu olahraga, jam tersebut berhenti sementara dan memang gagal melakukan pendeteksian. Belum ada rilis lanjutan untuk mengatasi masalah tersebut. Awan Jakarta. YPWS.