Cara Menghemat BBM Agar Tidak Cepat Habis Yang Mudah

22
Cara Menghemat BBM Agar Tidak Cepat Habis Yang Mudah
Cara Menghemat BBM Agar Tidak Cepat Habis Yang Mudah

Awanjakarta.com – Cara Menghemat BBM agar tidak cepat habis yang mudah dan murah tentunya bisa Anda lakukan. Tidak banyak-banyak, 10 cara saja dulu.

Hingga kini masih banyak anggota masyarakat yang kerap diusik dengan naiknya harga BBM yang diketahui melalui pengumuman resmi juga yang diam-diam tidak diketahui secara luas. Kenaikan harga ini tampaknya tidak akan berakhir hanya pada BBM saja tentunya.

Kenaikan harga-harga barang konsumsi lain diantisipasi akan setia mengikuti. Sekarang saatnya untuk efisien dalam mengatur keuangan demi bisa memberi jalan bagi kenaikan harga-harga ini. Sebenarnya masih ada beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk melawan kenaikan harga BBM yang mengesalkan.

Berikut Cara Menghemat BBM Agar Tidak Cepat Habis Yang Mudah. Cek-cek-cekidoots:

Mulai jadi pengemudi yang halus dalam berkendara

Ya, kalau Anda adalah jenis pengemudi yang lebih senang memacu kendaraan gas pol-polan dan suka berhenti mendadak, sudah saatnya mengubah cara berkendara seperti itu. Meskipun bisa jadi tidak terlalu dapat melihat secara langsung perbedaan yang signifikan dalam konsumsi BBM dengan mengubah cara berkendara, Anda dapat menghemat sedikit uang untuk BBM dalam setahun.

Mulai sekarang, mulailah berkendara sehalus mungkin dengan mengerem dan menginjak gas secara tenang dan jika Anda mengemudikan kendaraan manual, gantilah gigi lebih awal. Perlu proses untuk melakukan kebiasaan ini, tapi layak untuk dilakukan.

Menggunakan kartu loyalti

Beberapa pom bensin ada yang menawarkan kartu loyalti untuk memberi reward pada pelanggan reguler mereka. Nah, manfaatkan kartu loyalti ini dan cobalah untuk selalu mengisi BBM di perusahaan yang sama. Sederhana tapi ciamik.

Anda juga bisa memanfaatkan kartu kredit yang menawarkan imbalan atau cashback terhadap uang yang dibelanjakan untuk pengisian BBM.

Hindari tinggalkan mesin mobil dalam keadaan menyala

Anda hanya akan membuang BBM dan juga jadi melepaskan emisi berbahaya yang tidak perlu dengan meninggalkan mobil Anda terus menyala saat menunggu seseorang. Diperkirakan bahwa setiap dua menit Anda meninggalkan mobil Anda dalam keadaan menyala, maka Anda menggunakan jumlah BBM yang sama untuk berjalan sejauh 1.5 km!

Kurangi jarak tempuh

Kalau Jika Anda termasuk orang yang banyak menghabiskan waktu di mobil, saatnya membersihkan mobil Anda. Menyimpan barang-barang di bagasi dapat meningkatkan konsumsi BBM Anda karena berat ekstra. Hindari menyimpan kotak-kotak atau barang berat (seperti kereta dorong bayi, tabung gas besar, generator, dan lain-lain) di dalam mobil jika Anda tidak memerlukannya karena berat ekstranya akan meningkatkan faktor seret mobil. Hal ini dapat menyebabkan mobil Anda berkurang efisiensinya.

Rencanakan rute perjalanan

Sudah ada beragam aplikasi GPS gratis yang tersedia untuk membantu Anda merencanakan perjalanan Anda dengan bijak. Pelajari rute ke tempat tujuan sebelum memulai perjalanan agar Anda tidak mutar-mutar tak karuan atau malah terjebak kemacetan. Rencanakan rute sebelum Anda meninggalkan rumah daripada nantinya boros BBM karena tempuh jalur yang tidak efektif.

Servis rutin di bengkel

Servis teratur untuk mobil Anda akan jelas meningkatkan efisiensinya. Sudah saatnya membuat janji dengan bengkel untuk memberikan servis mumpuni pada mobil kesayangan Anda dan melakukannya secara teratur tentunya.

Jaga isi ban kendaraan

Disarankan untuk secara teratur periksa kondisi ban, bukan hanya untuk alasan keamanan saja, namun juga untuk memastikan efisiensi bahan bakar kendaraan mereka berada di titik optimal. Ban kempes malah membuang lebih banyak BBM karena ban menciptakan lebih banyak traksi, dan karenanya membutuhkan lebih banyak bahan bakar untuk tetap berjalan. Meski begitu tetap tidak berlebihan memompa ban Anda karena hal ini malah dapat berbahaya.

Naik transportasi umum

Ada rencana pergi ke tempat yang memiliki stasiun KRL di dekatnya, lebih baik menggunakan Commuter Line ke sana. Jelas dapat menghemat uang bensin dan biaya parkir Anda cukup banyak, khususnya jika Anda ingin pergi ke pusat kota Jakarta yang you knowlah.

Ada busway Transjakarta juga yang tersedia di kota untuk membantu memudahkan perjalanan Anda. Jika Anda di luar area urban, cobalah berjalan kaki jika memungkinkan. Sekian, semoga Cara Menghemat BBM dalam artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda. YPWS.