Cara Merawat Jam Tangan Kulit Branded Agar Tetap Awet

Anda perlu mengetahui cara merawat jam tangan kulit branded agar tetap awet. Selain memperpanjang masa usia pakai, juga mendongkrak penampilan Anda. Pic: DHgate
Anda perlu mengetahui cara merawat jam tangan kulit branded agar tetap awet. Selain memperpanjang masa usia pakai, juga mendongkrak penampilan Anda. Pic: DHgate

Yang namanya jam tangan memang sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki oleh sebagian besar orang. Bukan hanya melulu karena berfungsi sebagai penunjuk waktu, juga sebagai salah satu item untuk melengkapi fashion baik pria maupun wanita. Perlu tahu cara merawat jam tangan kulit branded agar tetap awet.

Sekarang ini sudah banyak sekali pilihan model jam tangan yang beraneka ragam hingga bisa segera disesuaikan model jam tangan dengan fashion kita pilih sesuai kepribadian. Benda ini juga sangat penting untuk dirawat agar tetap awet dan tahan lama masa pemakaiannya.

Atas dasar itulah penggunaan jam tangan memang tidak boleh kasar atau seenaknya saja. Sayang sekali jika kita sudah beli jam tangan dengan harga yang tidak murah tapi, bisa mudah rusak begitu saja.

Berikut cara cara mudah merawat jam tangan kamu agar lebih awet dan tahan lama, termasuk cara merawat jam tangan kulit branded agar tetap awet:

  1. Selalu simpan jam tangan Anda di tempat kering. Simpanlah jam tangan Anda di tempat yang kering dengan suhu normal di dalam kamar. Kalau Anda menyimpan jam ini di tempat yang tidak sesuai malah akan mengurangi umur penggunaannya.Terlebih jika Anda meletakkannya di tempat yang memiliki suhu ekstrim terlalu panas, atau terlalu dingin yang tanpa disadari suhu tersebut akan mempengaruhi kondisi koleksi Anda. Simpanlah jam tangan Anda di dalam kotak khusus agar lebih aman dan terjaga.
  2. Rajinlah bersihkan jam tangan Anda. Ya, benda ini juga perlu dibersihkan secara rutin jika Anda mau kualitasnya tetap terjaga. Membersihkan benda ini juga tidak sesulit yang dibayangkan. Karena yang dibutuhkan hanya tissue basah tapi, bukan tissue yang terlalu basah juga apalagi dibasahi dengan air! Membersihkan jam tangan dengan tissue dan air justru akan merusak jam tangan. Lebih baik gunakan baby wipes, untuk menghilangkan bekas keringat yang menempel, lalu bersihkan kembali menggunakan tissue kering dan diamkan beberapa saat. Jangan mengeringkan dengan dryer karena angin panas yang keluar bsia mempengaruhi komponen didalamnya.
  3. Jauhkan jam tangan dari area bermagnet. Jam tangan yang diletakkan berdekatan dengan barang yang mengandung gelombang elektromagnetik (televisi, lemari es, kipas angin, microwave, dan lain-lain) malah dapat mempengaruhi perputaran jam tangan sehingga membuatnya jadi tidak menunjukkan waktu yang tepat. Kalau merasa jarum jam jadi sering tidak beraturan tepat waktunya, mungkin ini salah satu penyebabnya.
  4. Beri alas dengan tissue. Jika Anda termasuk orang yang mudah berkeringat apalagi di area pergelangan tangan, lebih baik alasi dahulu jam tangan dengan tissue berbahan lembut tentunya. Kandungan garam pada keringat yang menempel pada tali jam dapat menimbulkan korosi atau karat. Terlebih jika jam tangan Anda terbuat dari bahan stainless steel yang rentan untuk berkarat.
  5. Pakai jam tangan sesuai dengan kegiatan Anda. Sebaiknya digunakan sesuai dengan kegiatan yang sedang dilakukan. Hindari menggunakan jam tangan berbahan stainless ketika sedang berolahraga karena selain keringat yang bisa menimbulkan karat, hal ini juga untuk melindungi jam dari benturan atau goncengan yang bisa meninggalkan bekas baret atau lecet pada jam. Pililah jam tangan berbahan karet yang lebih sesuai. Bahan karet juga lebih awet dan tahan dari keringat atau benturan tak terduga.

Teknologi - Cara Merawat Jam Tangan Kulit Branded Agar Tetap Awet

Cara Merawat Jam Tangan Kulit Branded Agar Tetap Awet juga berdasarkan jenis tali lainnya.

Rajinlah membersihkan talinya. Selain untuk menjaga kualitasnya, dengan rajin membersihkan tali jam tangan maka akan membuat Anda bisa terhindar dari iritasi kulit yang disebabkan oleh bakteri merugikan yang menempel pada tangan. Tali jam tangan juga harus dibersihkan sesuai dengan material yang digunakan seperti beberapa berikut ini:

  1. Tali dari karet atau plastik. Untuk jam tangan yang menggunakan tali berbahan karet cara membersihkannya hanya perlu menggunakan sabun kemudian sikat dengan menggunakan sikat kecil untuk menghilangkan sisa keringat yang menempel sehingga lebih bersih, tidak menimbulkan jamur dan bau tidak sedap. Lanjut dengan proses pengeringan di angin-angin.
  2. Tali dari Kain atau kanvas. Bisa dibersihkan dengan menggunakan sikat gigi dan sabun, setelah itu keringkan dengan menggunakan kertas koran agar lebih cepat kering. Setelah itu baru dikeringkan dengan cara diangin–anginkan juga selama beberapa saat.
  3. Tali dari Stainless. Khusus bahan stainless steel murni, cukup bersihkan tali jam tangan kamu dengan cara menyikatnya, khususnya pada sela tali jam tangan untuk menghilangkan sisa keringat yang menempel. Setelahnya langsung keringkan.
  4. Tali jenis karet. Gunakan kain setengah basah untuk membersihkan tali jam tangan kemudian keringkan kembali dengan menggunakan kain yang kering. Agar tali ini lebih awet selalu oleskan cairan berupa lotion untuk merawat bahan kulit setidaknya seminggu satu kali cukup. Demikian Cara Merawat Jam Tangan Kulit Branded yang bisa Anda ketahui. Awan Jakarta. YPWS.