Internet.org Jadikan Tanzania Nikmati Internet Gratis, Indonesia Menyusul?

- Internet.org Jadikan Tanzania Nikmati Internet Gratis, Indonesia Menyusul?

Awan Jakarta – Karena Internet.org khususnya Mark Zuckerberg sang penggagas gerakan kemanusiaan tersebut, kini Tanzania bisa menikmati layanan internet gratis. Indonesia akan menyusul?

Zuckerberg terus berusaha wujudkan keinginan dirinya agar seluruh dunia bisa terhubung dengan internet. Masih banyak wilayah terpencil di muka Bumi yang belum bisa menikmati nikmatnya internet. Internet.org, organisasi nirlaba mencoba wujudkan itu.

Internet.org terkait akses internet gratis di Tanzania datang dalam wujud sebuah aplikasi. Lewat aplikasi ini, warga di Tanzania bisa akses gratis dan menikmati sejumlah layanan di situs-situs tertentu diantaranya:

AccuWeather

BabyCenter & MAMA

BBC News & BBC Swahili

BrighterMonday

The Citizen

Facebook

Facts for Life

Girl Effect

Messenger

Mwananchi

Mwanaspoti

OLX

Shule Direct

SuperSport

Tanzania Today

Wikipedia

Dari list di atas ada situs populer macam BBC, Wikipedia, OLX, dan tentu saja Facebook. Internet.org sepertinya ratakan kebutuhan akses ke situs yang ada dengan hadirkan situs yang miliki layanan cuaca, berita, belanja, pendidikan, komunikasi, keuangan, kesehatan, dan masih banyak lagi.

Tapi ada pengecualian, aplikasi Internet.org sendiri sejatinya tidak bisa diakses oleh semua warga Tanzania. Sebab, aplikasi itu hanya tersedia bagi mereka pelanggan Tigo yang merupakan salah satu operator di negara benua Afrika tersebut.

Untuk di Indonesia, XL berpeluang seperti Tigo di Tanzania. Ketika singgah di Indonesia, Zuckerberg juga hadir dalam rangka kampanye Internet.org. Bagi yang belum mengetahui, saat itu FB jalin kemitraan dengan XL. Apakah ini pertanda jika aplikasi Internet.org bakal tersedia bagi mereka pelanggan XL? Kita tunggu kabar selanjutnya. YLWS.