Kopling Mobil Tiba-Tiba Los Dan Tips Untuk Menghadapinya

Kopling Mobil Tiba-Tiba Los Dan Tips Untuk Menghadapinya
Kopling Mobil Tiba-Tiba Los Dan Tips Untuk Menghadapinya

Awanjakarta.com – Kopling Mobil Tiba-Tiba Los dan Tips untuk Menghadapinya bisa dicermati dan diketahui. Bukan tidak mungkin suatu saat nanti Anda akan mendapatkan manfaat sederhananya saat diperjalanan.

Kopling mobil tiba-tiba los dan gigi transmisi masih tersangkut memang bisa menjadi hal yang mengagetkan bagi pemilik mobil, apalagi untuk usia kendaraan yang tidak lagi baru. Masalah ini bisa saja terjadi pada malam hari, ketika bengkel kendaraan sudah tutup dan jauh kemana-mana. Lengkaplah penderitaan yang sudah ada…

Tenaang… tidak perlu cepat-cepat panik. Perlahan menepi jika dalam perjalanan, dan pindahkan gigi ke posisi netral, lalu matikan mesin mobil kesayangan Anda. Tidak perlu untuk berpikir meninggalkan kendaraan di tempat atau minta bantuan kendaraan derek karena sebenarnya masalah ini bisa diatasi, setidaknya untuk sementara waktu.

Perlu diketahui, kopling tiba-tiba los terjadi karena rusaknya master kopling kendaraan. Fungsinya tidak bekerja, dan minyak kopling di tabung biasanya sudah habis. Tabung minyak kopling yang berukuran tiga jari orang dewasa itu terletak di ruang mesin, tepat di depan setir. Buka tutup tabung, dan lihat bagaimana kondisi minyak di dalamnya.

Kopling Mobil perlu terus diperiksa kondisinya

Satu hal yang bisa dilakukan adalah cari minyak rem di toko perkakas, misalnya yang berada di mal-mal. Fungsinya sama. Anda bisa membawa serta minyak ini di bagasi mobil untuk penanganan keadaan darurat.

Namun yang perlu jadi perhatian, minyak rem berkode DOT 3 sebaiknya tidak digunakan untuk mobil Eropa yang mengalami masalah seperti ini. Namun jika terpaksa, isikan saja terlebih dahulu minyak tersebut ke dalam tabung kopling, tetapi jangan lupa kuras ulang jika nanti bisa ke bengkel dengan selamat.

Setelahnya, kopling biasanya bisa digunakan, dengan sedikit kocokan di pedal kopling agar minyak berada di salurannya secara sempurna. Mobil pun bisa dikendarai, tetapi jangan lupa untuk terus cek kondisi ketersediaan minyak selama perjalanan dalam kondisi darurat ini. Semoga informasi sederhana kali ini bisa tetap bermanfaat bagi Anda. YPWS.