Mi Market Ada Celah Keamanan Ancam Jutaan Pengguna Xiaomi

- Mi Market Ada Celah Keamanan Ancam Jutaan Pengguna Xiaomi
Mi Market Ada Celah Keamanan Ancam Jutaan Pengguna Xiaomi

Berita Gadget: Mi Market dikabarkan telah memiliki celah keamanan hingga mengancam jutaan pengguna Xiaomi. Kabar ini cukup menghebokan pasar global.

Celah kerentanan pada aplikasi Mi Market tersebut memang mengancam jutaan pengguna tablet dan smartphone Xiaomi. Mi Market sendiri adalah toko aplikasi alternatif dari Google Play Store yang dikembangkan oleh Xiaomi, menggantikan Play Store di perangkat Xiaomi yang beredar di Tiongkok.

Aplikasi Mi Market ini tidak hanya untuk perangkat Xiaomi saja, tetapi juga dapat diinstal dan digunakan oleh smartphone lainnya. Namun kini Mi Market diketahui memiliki kerentanan yang cukup serius. Bluebox, perusahaan keamanan mobile yang menyampaikan hal tersebut.

Bahaya MITM

Bluebox mengklaim bahwa Mi Market update terbaru tidak lagi bergantung dengan koneksi aman, sehingga koneksi yang dilakukan melalui aplikasi tersebut hanya menggunakan protokol HTTP biasa. Jelas berisiko munculnya ancaman yang mudah mencegat trafik dan melakukan modifikasi antara Mi Market dan klien atau serangan MITM (man in the middle).

Penjahat cyber dapat menggantikan aplikasi yang diminta oleh pengguna dengan varian berbahaya yang meniru aplikasi asli yang dapat mencuri informasi sensitif seperti data login untuk akun online atau kredensial perbankan. Jelas berbahaya.

Izin marketplace tersebut juga memungkinkan aplikasi palsu untuk menginstal diam-diam pada perangkat Xiaomi, sementara di ponsel lain diperlukan konfirmasi pengguna untuk tindakan untuk menyelesaikan.

Andrew Blaich, pemimpin analis keamanan di Bluebox, mengatakan bahwa tes baru dilakukan setelah menerapkan pembaruan menemukan bahwa protokol aman (HTTPS) yang diberlakukan untuk permintaan aplikasi utama. Namun, HTTP masih digunakan untuk permintaan metadata lainnya dan untuk men-download aplikasi.

Namun Softpedia merilis (30/06/2015), pengguna Xiaomi di Indonesia tak perlu takut karena secara default aplikasi Mi Market tidak disediakan secara pre-install. Awan Jakarta. YPWS. Softpedia.