Pengguna Facebook Bisa Tunjuk Pewaris Akun Sebelum Meninggal

- Pengguna Facebook Bisa Tunjuk Pewaris Akun Sebelum Meninggal
Pengguna Facebook Bisa Tunjuk Pewaris Akun Sebelum Meninggal

Awan Jakarta – Facebook, pada Kamis (12/02/2015), meluncurkan satu fitur baru, sebuah pilihan yang akan menentukan nasib akun seseorang ketika pemiliknya meninggal. Pengguna FB bisa tunjuk pewaris akun sebelum meninggal.

“Ketika seseorang meninggal, akun mereka akan menjadi kenangan akan hidup, persahabatan, dan pengalaman mereka,” tulis Facebook, saat meluncurkan fitur baru itu.

“Dengan berbicara kepada orang-orang yang pernah merasa kehilangan, kami menyadari bahwa banyak yang bisa kami lakukan untuk membantu mereka yang berduka dan mereka yang menentukan nasib akun mereka setelah meninggal.”

- Pengguna Facebook Bisa Tunjuk Pewaris Akun Sebelum Meninggal

Dengan fitur baru tersebut, pemilik akun di Facebook bisa memutuskan apakah akun mereka tetap disimpan dan diwariskan kepada orang yang sudah ditentukan. Pilihan lain bisa juga akun mereka ikut ditutup sehingga tak seorang pun bisa mengambil alih dan menyalahgunakan.

Jika diwariskan maka sang pewaris akan bisa menulis status, menerima undangan berteman, dan menganti foto profil, dan lain-lain. Pewaris juga bisa diberi hak untuk mengunduh foto-foto atau informasi lain yang pernah diunggah ke Facebook oleh pemiliknya yang sudah meninggal dunia.

Namun, fitur baru ini baru diluncurkan di Amerika Serikat. Meski tak dijelaskan kapan waktunya, namun pihak Facebook mengatakan bahwa fitur ini akan segera bisa digunakan oleh pengguna Facebook lain di dunia. YLWS. BBC.