OpenSignal Rilis Perbandingan Kecepatan Internet di Kota Tujuan Mudik

OpenSignal telah merilis Perbandingan Kecepatan Internet di beberapa kota besar tujuan mudik Indonesia. Persaingan antar operator memang cukup ketat.
Berita Terkini - OpenSignal telah merilis Perbandingan Kecepatan Internet di beberapa kota besar tujuan mudik Indonesia. Persaingan antar operator memang cukup ketat.

Awanjakarta.com – OpenSignal merilis Perbandingan Kecepatan Internet di beberapa kota besar di Indonesia, meliputi Jakarta, Medan, Makassar, Bandung, Semarang, dan Surabaya. Meski bgitu, dalam laporan ini akan disebutkan hasil pengukuran di kota-kota luar Jakarta yang menjadi lokasi tujuan mudik populer masyarakat Indonesia.

Berdasarkan hasil pengukuran yang dilakukan oleh OpenSignal, ternyata Telkomsel dan Smartfren mendominasi sebagian besar kriteria pengukuran di lima kota besar di luar Jakarta. Telkomsel berhasil menjadi jawara untuk kecepatan 3G di lima kota.

Perusahaan telekomunikasi yang satu ini juga dikabarkan memiliki tingkat latensi paling rendah untuk jaringan 3G dan 4G. Pengantaran data internet Telkomsel dikabarkan paling sedikit mengalami kelambatan jika harus dibandingkan dengan operator lain.

Sementara untuk kecepatan download atau pengunduhan 4G, kubu Telkomsel unggul di tiga kota namun mesti bersaing ketat dengan Smartfren di Makassar, dan hanya kalah dari Smartfren di Surabaya. Soal kecepatan pengunggahan di jaringan 4G, Telkomsel menang telak di lima kota ini. Kecepatan unggah XL dekat di belakang Telkomsel untuk kota Makassar.

Dikabarkan jika survey ini dilakukan dengan 11,7 miliar hasil pengukuran terhadap lebih dari sejuta perangkat bergerak (1.235.257). Pengukuran tersebut dilakukan untuk menyelidiki pengalaman menggunakan jaringan 4G dan 3G di beberapa kota besar di Indonesia tentunya.

Berikut Rilis perbandingan kecepatan internet di beberapa kota tujuan mudik:

  • Kota Medan. Telkomsel unggul di kategori pengunduhan dan pengunggahan. Kecepatan pengunduhan 4G-nya mencapai 20,01 Mbps, pengunduhan 3G 11,31 Mbps, dan pengunggahan 13 Mbps. Tri ada di posisi terendah pada kategori pengunduhan 4G dengan kecepatan 5,17 Mbps. Untuk pengunduhan 3G, operator 3, Indosat, dan XL memiliki kecepatan yang tak jauh berbeda, yakni masing-masing di angka 3,97 Mbps, 3,89 Mbps, dan 3,52 Mbps. Operator dengan kecepatan pengunggahan terendah di Medan adalah Smartfren di angka 3,59 Mbps.
  • Kota Makassar. Telkomsel jadi yang tercepat dalam pengunduhan 4G di angka 13,78 Mbps. Untuk pengunduhan 3G dan pengunggahan, Telkomsel juga memimpin pada kecepatan 8,26 Mbps dan 7,44 Mbps. Posisi terendah untuk kategori pengunduhan 4G dan pengunggahan di Makassar adalah operator seluler 3 dengan kecepatan masing-masing 3,3 Mbps dan 2,9 Mbps. Indosat jadi operator dengan kecepatan paling rendah untuk kategori pengunduhan 3G yakni 2 Mbps.
  • Kota Bandung. Koneksi internet 4G dan 3G tercepat di kota Bandung dipegang oleh Telkomsel dan yang paling lelet adalah Tri (3). Telkomsel punya kecepatan pengunduhan 4G mencapai 19,68 Mbps dan kecepatan pengunduhan 3G di angka 10,28 Mbps dan kecepatan pengunggahan 8,67 Mbps. Sementara Tri (3) di Bandung punya kecepatan pengunduhan 4G terendah di angka 5,14 Mbps dan pengunduhan 3G paling lambat adalah Indosat dengan kecepatan 1,87 Mbps. Smartfren menjadi operator dengan unggahan paling lambat di Bandung di angka 2,82 Mbps.
  • Kota Semarang. Telkomsel unggul di Semarang. Kecepatan pengunduhan 4G 3 kembali jadi yang terendah, begitupun dengan kecepatan unduh 3G Indosat. Smartfren juga masih memegang posisi juru kunci untuk kecepatan unggah terendah. Kecepatan pengunduhan 4G Telkomsel ada di angka 14,04 Mbps, kecepatan pengunduhan 3G 6,15 Mbps, dan kecepatan pengunggahan 8,44 Mbps. Kecepatan pengunduhan 4G 3 ada diangka 4,03 Mbps. Indosat yang memiliki kecepatan pengunduhan 3G terendah di angka 2,13 Mbps, dan Smartfren dengan kecepatan pengunggahan hanya 2,8 Mbps.
  • Kota Surabaya. Smartfren menjadi pemuncak untuk pengunduhan 4G dengan kecepatan 17,3 Mbps. Posisinya mengalahkan Telkomsel yang menempati posisi sebagai pengunggah dan pengunduh tercepat di jaringan 3G, masing-masing di angka 6,22 Mbps dan 7,78 Mbps. Indosat peringkat terendah untuk pengunduhan 4G dengan kecepatan 4,23 Mbps, juga pengunduhan 3G dengan kecepatan 2,29 Mbps. Untuk pengunggahan, Smartfren menjadi yang paling lelet di Surabaya dengan kecepatan 3,26 Mbps.

Rilis perbandingan kecepatan internet di beberapa kota besar di Indonesia ini bukan untuk menjelek- jelekkan operator yang ada. Jika ada kekurangan, dipastikan pihak operator pasti akan bergerak cepat untuk memperbaikinya. Perlu evaluasi dan pengembangan yang berkesinambungan. Awan Jakarta. YPWS.