Siagabanjir.org, Situs Pantau Banjir di Jakarta

- Siagabanjir.org, Situs Pantau Banjir di Jakarta
Siagabanjir.org, Situs Pantau Banjir di Jakarta

Awan Jakarta – Siagabanjir.org, jadi situs yang membantu Anda untuk memantau banjir di Ibu Kota Jakarta. Informasi ini jelas diperlukan bagi Anda warga Jakarta yang kerap aktif beraktifitas atau yang tinggal di daerah rawan banjir.

Hujan yang terus turun berkepanjangan sejak beberapa hari ini cukup merepotkan warga Jakarta jika tidak mengetahui titik-titik mana yang sedang tergenang. Dengan informasi situs Siagabanjir.org, mereka bisa terbantu yang mana hadirkan situasi terkini banjir di sejumlah wilayah Jakarta dan juga daerah lain.

Fauzan Helmi Sudaryanto, pengembang Siagabanjir.org menjelaskan bahwa semua laporan banjir ini diperoleh dari masyarakat melalui report mereka via Twitter. Kemudian, Siagabanjir.org langsung menvisualisasikan dalam bentuk peta.

“Ide kita ingin memetakan informasi orang tentang banjir. Jadi kita tarik informasi tersebut baik dari akun-akun orang atau dari akun seperti TMC Polda Metro,” ujar Fauzan.

- Siagabanjir.org, Situs Pantau Banjir di Jakarta

Pengguna tinggal mengunjungi laman Siagabanjir.org/peta yang sajikan peta berupa Google Maps. Pada peta tersebut muncul lingkaran-lingkaran kecil di area tertentu.

Lingkaran-lingkaran ini mengindikasikan kategori bahaya banjir berdasarkan warna. Warna hijau untuk level awal, warna kuning untuk banjir semata kaki, warna jingga untuk banjir yang sudah meredam betis, dan warna merah untuk menandakan banjir yang sudah parah.

Jika Anda menklik lingkaran di pera maka akan terbuka laporan banjir yang terjadi di titik tersebut. Laporan ini tidak hanya menyebutkan kondisi banjir namun juga menampilkan foto yang disematkan dari informasi Twitter. YLWS.