StarOne CDMA Indosat Resmi Dimatikan, Pelanggan Akan Dapat Kompensasi

- StarOne CDMA Indosat Resmi Dimatikan, Pelanggan Akan Dapat Kompensasi
StarOne CDMA Indosat Resmi Dimatikan, Pelanggan Akan Dapat Kompensasi

Berita Nasional: StarOne layanan Code Division Multiple Access (CDMA) dari Indosat resmi dimatikan pada awal Juni tahun ini. Layanan tersebut kemudian dialihkan ke Extended Global System for Mobile communication (E-GSM) dan pelanggan akan mendapatkan kompensasi.

Adrian Prasanto selaku Division Head Public Relations Indosat mengungkap jika layanan StarOne masih aktif di Jawa Tengah. Petugas Indosat selanjutnya akan menghubungi pelanggan dan menginformasikan jika layanan ini akan segera dimatikan. Ada kompensasi yang bakal diberikan namun Adrian tidak menyebut jumlah pasti jumlah pelanggan StarOne.

Pelanggan StarOne kemudian diminta untuk beralih ke E-GSM. Bagi pelanggan yang masih memiliki saldo pulsa bisa dijadikan layanan Indosat Dompetku atau diuangkan di galeri Indosat atau dengan transfer ke rekening pelanggan.

Migrasi CDMA ke E-GSM dan CDMA ke 4G LTE

Dalam bulan Juni 2015 ini, Indosat mulai mengelar teknologi E-GSM di spektrum frekuensi 800 MHz yang sebelumnya dipakai StarOne. Dikabarkan, Kementerian Komunikasi dan Informatika sendiri telah diminta Indosat dan Telkom untuk mengalihkan teknologi CDMA ke E-GSM.

Untuk Telkom, pengalihan spektrum itu diperuntukkan bagi Flexi yang selanjutnya dipakai pada layanan Kartu AS Telkomsel. Bila sesuai rencana, ditargetkan proses migrasi tersebut bisa selesai pada akhir tahun ini. Sementara operator CDMA lain masih bertahan dengan pilihan menjalin kerja sama.

Smartfren dan ESIA lebih memilin kemitraan penyelenggaraan jaringan serta mendorong peralihan CDMA menuju Long Term Evolution (4G LTE). Kini sejumlah pelanggan Esia telah memakai jaringan dari Smartfren. Awan Jakarta. YPWS.