Tips Memilih Setir Racing Yang Wajib Pecinta Mobil Cermati

Artikel Otomotif - Tips Memilih Setir Racing Yang Wajib Pecinta Mobil Cermati tak luput bahas keselamatan juga.
Artikel Otomotif - Tips Memilih Setir Racing Yang Wajib Pecinta Mobil Cermati tak luput bahas keselamatan juga.

Awanjakarta.com – Tips Memilih Setir Racing Yang Wajib Pecinta Mobil Cermati dalam artikel ini ikut menyasar masalah keselamatan. Hindari mengorbankan keselamatan hanya demi gaya belaka.

Modifikasi mobil sendiri tidak hanya sebatas pada bodi luar, kabin atau sistem hiburan saja.
Modifikasi juga bisa dilakukan pada bagian lingkar kemudi atau stir sesuai selera.

Nah, perubahan lingkar kemudi dipercaya untuk memberikan tampilan agar bisa beraura balap atau racing. Masalahnya, sesuai rilis situs resmi Hyundai, memilih setir mobil racing juga tidak bisa secara sembarangan, ada begitu banyak hal yang harus Anda perhatikan.

Setir racing sendiri terutama di daerah perkotaan banyak dipasaran, dengan beraneka ragam mulai dari lapis kulit, hingga model Formula 1 yang gahar. Jelas beragam produk setir racing ini masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Untuk memilih setir racing yang sesuai, pihak Hyundai telah memberikan beberapa tips yang bisa Anda perhatikan. Mulai dari diameter sampai rasio lingkar kemudi patut dicermati.

Berikut Tips Memilih Setir Racing Yang Wajib Pecinta Mobil Cermati:

  • Jangan terlalu kebesaran atau kekecilan.
  • Hindari setir licin.
  • Cermati respon setir racing pilihan.
  • Palang empat.
  • Pilih yang punya fitur Air Bag.

Jangan terlalu kebesaran atau kekecilan. Demi keselamatan, sebaiknya Anda memilih ukuran setir yang tidak terlalu jauh dari setir standar bawaan pabrikan. Sebab, setir racing diketahui berdiameter 12.6 – 13.8 inci. Sementara untuk setir standar, biasanya berdiameter 14-15 inci.

Diameter lingkar kemudi juga berpengaruh pada radius putar lebih cepat dari ukuran standar bawaan dari pabrikan. Sedangkan jika terlalu kecil bisa membuat berat kemudi, sehingga susah bagi Anda untuk memutarnya.

Hindari setir licin. Ya, pilihlah bahan yang setir racing yang mudah menyerap keringat dan tidak licin. Seperti diketahui, bahan setir biasanya terbuat dari kayu, kulit imitasi, kulit asli, dan suede. Perhatikan apakah bahan yang Anda pilih cenderung licin atau tidak.

Cermati respon setir racing pilihan. Ya, perhatikan penggunaan setir model celong dan setir model rata, karena keduanya mempunyai respon yang cenderung berbeda. Rasio lingkar kemudi dan efek putar roda yang tidak seimbang bisa jadi membahayakan. Pertimbangkan untuk selalu memakai ukuran yang tidak jauh dari yang standar.

Palang empat. Untuk model yang bergaya balap biasanya setir menggunakan palang dua atau tiga. Bila Anda ingin tampil elegan, gunakan palang empat.

Pilih yang punya fitur Air Bag. Ya, gunakan lingkar kemudi dengan fitur keamanan air bag untuk keselamatan. Beberapa pabrikan sudah membekali air bag pada setir standar mobil. Jika Anda menggantinya dengan setir racing, jelas hal itu akan menghilangkan system keamanan yang diperlukan. Awan Jakarta. YPWS.