Tips Uji Kinerja Booster Rem Mobil

Tips Uji Kinerja Booster Rem Mobil
Tips Uji Kinerja Booster Rem Mobil. classiczcars

Tips Mobil: Tips uji kinerja booster rem mobil ada baiknya diketahui. Sistem pengereman pada kendaraan jelas harus optimal demi keselamatan Anda dan keluarga tercinta.

Penting sekali dalam pekerjaan membongkar, memeriksa, menyetel dan memperbaiki serta merakitnya dengan secermat mungkin. Fungsi dari sistem rem itu sendiri mencakup :

  1. Untuk mengontrol kecepatan selama berkendaraan.
  2. Untuk mengurangi kecepatan sampai menghentikan kendaraan di perjalanan.
  3. Untuk menahan kendaraan pada saat parkir dan berhenti pada jalan yang menurun atau menanjak.

Seperti yang diketahui, prinsip kerja sistem rem adalah mengubah tenaga kinetik menjadi panas dengan cara menggesekkan dua buah logam pada benda yang berputar sehingga putarannya akan melambat.

Maka wajib untuk komponen rem yang bergesekan ini harus tahan terhadap gesekan atau tidak mudah aus, tahan panas dan tidak mudah berubah bentuk pada saat bekerja dalam suhu tinggi. Keselamatan Anda bisa ditentukan salah satunya dari ketahanan sistem tersebut.

Booster rem bekerja berdasarkan kevakuman intake manifold mesin yang berarti apabila mesin hidup, maka booster rem bekerja dan apabila mesin mati maka booster rem tidak dapat bekerja atau tidak dapat membantu meringankan beban pedal rem mobil Anda. Booster rem memperingan kerja pedal dengan meningkatkan tenaga pengemudi empat sampai lima kali lipat.

Berikut beberapa cara untuk menguji kinerja booster rem:

  1. Mesin tetap dalam kondisi mati.
  2. Coba injak pedal rem dan tahan dengan kuat.
  3. Hidupkan mesin mobil dan biarkan dalam kondisi mesin stabil.
  4. Anda akan merasakan rem akan bergerak masuk seolah-olah ambles ketika mesin nyala dan berhenti tidak sampai posisi ambles penuh.

Hal tersebut artinya booster rem mobil Anda telah bekerja baik yakni begitu mesin nyala maka akan membantu sistem pengereman, ditandai dengan posisi rem yang sedikit ambles. Jika booster rem tidak bekerja maka begitu mesin nyala rem tidak ambles atau menandakan booster rem telah rusak. Awan Jakarta. YPWS.