Toyota Segera Stop Produksi FJ Cruiser

Toyota Segera Stop Produksi FJ Cruiser

 

Toyota dikabarkan segera stop produksi FJ Cruiser. Mobil dengan mesin gahar namun boros tersebut akhirnya memang harus bernasib tragis.

Umur SUV legendaris Toyota, FJ Cruiser, ternyata memang tidak bisa bertahan lebih lama dari perkiraan awal. Model tersebut akan berhenti produksi pada Agustus 2016 karena penjualan yang semakin tidak menggembirakan pihak pabrikan.

FJ Cruiser sendiri pertama kali hadir pada 2011 lalu dengan desain yang banyak terinspirasi dari FJ40. Toyota
dikabarkan menciptakan model ini dengan membidik pasar utama di Amerika Serikat.

Mobil ini dibangun menggunakan platform Land Cruiser Prado versi sasis pendek. Toyota membekali FJ Cruiser dengan mesin V6 4,0 liter naturally aspirated berkode 1GR-FE dengan output 268 Tk dan Torsi 380 Nm. Mesin besar tersebut tentunya butuh banyak menenggak bahan bakar. Meski boros, kemampuan mesin sangat mendukung daya jelajah kendaraan berbobot sekitar dua ton itu.

Harapan awal tidak sesuai dengan kenyataan

Dilansir Drive, Toyota sendiri sudah menciptakan keluarga baru FJ Series ini lebih stylish sesuai dengan segmentasi
konsumen yang berusia lebih muda dan tinggal di perkotaan. DNA FJ40 melekat kuat pada model ini karena didukung sistem penggerak 4×2 yang memudahkan saat melahap medan offroad.

Meski digadang-gadang menjadi andalan, model tersebut ternyata tidak bisa bertahan lama di Negeri Paman Sam dan harus pensiun pada 2014. Negara lainnya yang masih bertahan memproduksi FJ Cruiser adalah Australia. Mereka masih berusaha menaikkan penjualan dengan promosi gencar.

Akhir cerita, sang legenda ini akhirnya harus menyerah juga karena kalah pamor dibanding SUV baru yang lebih
mainstream. FJ Cruiser sempat terjual lebih dari 11 ribu unit di Australia. Awan Jakarta. YPWS.