Warna Asap Knalpot dan Kondisi Mesin Kendaraan

Warna Asap Knalpot dan Kondisi Mesin Kendaraan
Warna Asap Knalpot dan Kondisi Mesin Kendaraan. autobytel

Tips Otomotif: Warna asap knalpot dan kondisi mesin kendaraan ternyata memiliki hubungan yang perlu untuk diketahui. Hal ini demi kenyamanan dalam berkendaraan.

Asap yang dikeluarkan knalpot mobil memang bisa berbeda-beda, karena kondisi mesin juga berbeda. Bisa juga warna asap knalpot menentukan beberapa kerusakan komponen mesin kendaraan yang kerap tak disadari.

Jika melihat asap buang knalpot dengan warna berbeda, seharusnya memperhatikan hal tersebut untuk mencegah hal-hal buruk yang akan terjadi pada kendaraan.

Demi mencegah hal buruk pada kendaraan kesayangan Anda, ada beberapa warna asap knalpot yang bisa kita jadikan acuan mengetahui kondisi mesin kendaraan.

Putih

Adanya asap putih masih aman selama sifatnya masih tipis atau tidak terlalu tebal. Itu normal dari hasil penumpukan kondensasi di dalam sistem pembuangan. Asap semacam ini dapat menghilang dengan cepat.

Jika terlihat tebal, berarti ini masalah yang disebabkan oleh mesin yang membakar coolant. Ini bisa jadi hasil kerusakan serius pada packing head, silinder head, atau blok mesin yang retak dan semuanya butuh perbaikan yang mahal.

Jangan pernah mengabaikan masalah asap berwarna putih tapi tebal ini. Kebocoran kecil dalam coolant dapat menyebabkan overheating dan resiko kerusakan mesin.

Hitam

Asap knalpot hitam mengartikan mesin membakar bahan bakar terlalu banyak atau kelewat boros. Hal pertama yang harus Anda periksa adalah filter udara dan komponen lainnya seperti sensor, injeksi bahan bakar dan fuel pressure regulator.

Asap hitam biasanya mudah untuk diketahui dan diperbaiki, tapi borosnya bahan bakar pasti akan sangat merugikan.

Kebiruan

Jika kendaraan mengeluarkan asap cenderung berwarna biru, artinya menandakan bahwa mesin mobil membakar oli mesin. Penyebabnya adalah katup sil atau ring piston yang telah aus dan oli pun menjadi bocor akibatnya.

Jika melihat asap seperti ini, segera periksa oli mobil secara teratur dan perhatikan pemakaiannya. Kerusakan yang nantinya ditimbulkan bakal membutuhkan biaya banyak dan harus segera ditangani. Oli yang bocor juga dapat menyebabkan kinerja mesin menjadi kasar hingga akhirnya dapat merusak busi dan komponen lainnya.

Jika mobil sudah berumur namun minim kebocoran, mobil tersebut bisa dirawat dengan mengganti oli secara teratur saja. Penyebab lainnya, jika mobil dilengkapi turbo, asap ini menjadi tanda bahwa blower dari turbo mobil harus segera diganti. Awan Jakarta. YPWS.