80.000 Warga Inggris Rilis Petisi Tangkap PM Israel Benjamin Netanyahu

2
- 80.000 Warga Inggris Rilis Petisi Tangkap PM Israel Benjamin Netanyahu
80.000 Warga Inggris Rilis Petisi Tangkap PM Israel Benjamin Netanyahu. hngn

Berita Internasional : 80.000 Warga Inggris merilis petisi untuk menangkap PM Israel Benjamin Netanyahu sebagai penjahat perang.

Kurang lebih 80.000 warga Inggris langsung menandatangani petisi yang mendesak penangkapan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sebagai penjahat perang saat ia akan mengunjungi London pada September 2015 mendatang.

Petisi solidaritas kepada warga Palestina itu diluncurkan awal bulan ini oleh warga Inggris bernama Damian Moran dan telah diposting di situs milik pemerintah.

“Di bawah hukum internasional dia (Netanyahu) harus ditangkap karena kejahatan perang saat tiba di Inggris untuk pembataian lebih dari 2.000 warga sipil pada tahun 2014,” tulis Moran, yang mengacu pada 51 hari serangan pasukan Israel di Gaza tahun 2014.

Jika jumlah penandatanganan mencapai 100.000 orang, permohonan tersebut dapat dipertimbangkan untuk jadi pembahasan di parlemen Inggris.

Namun, Moran mengatakan kepada media bahwa ia ragu petisi itu akan masuk ke agenda parlemen mengingat hubungan mesra antara pemerintah Israel dan Inggris selama ini.

Bisa ditebak pemerintah Inggris memang terpaksa merespon setelah dokumen mendapat 10.000 tanda tangan, dan dengan tegas menyatakan bahwa kunjungan kepala pemerintahan asing, seperti Perdana Menteri Netanyahu, punya kekebalan dari proses hukum, dan tidak dapat ditangkap atau ditahan.

“Kami menyadari bahwa konflik di Gaza tahun lalu terlihat mengerikan,” kata pemerintah.

“Atas nama perdana menteri (David Cameron) mengatakan, kami semua sangat sedih oleh kekerasan dan Inggris telah berada di garis depan upaya rekonstruksi internasional.”

“Namun perdana menteri jelas pengakuan Inggris atas hak Israel untuk mengambil tindakan proporsional membela diri, dalam batas-batas hukum kemanusiaan internasional.”

“Inggis mendorong solusi dua negara untuk menyelesaikan konflik Israel-Palestina dan “akan memperkuat pesan ini ke Netanyahu selama kunjungannya” pada September.

Setiap warga negara Inggris memang dapat memulai petisi di situs milik pemerintah, meminta tindakan tertentu dari pemerintah atau parlemen rendah House of Commons. Hanya warga Inggris yang bisa menandatangani petisi, dan tinggal memasukkan nama, alamat email dan kode pos.

Israel sendiri telah melancarkan aksi militer di Jalur Gaza yang dikuasai Hamas pada 8 Juli 2014, yang menyebabkan kematian lebih dari 2.000 warga Palestina dan 66 tentara Israel.

Pengacara Inggris pro-Palestina gagal mencoba menangkap mantan menteri kehakiman Tzipi Livni usai perang Gaza 2008-2009. Kedutaan Israel di London sendiri merespon petisi itu sebagai sebuah “aksi publisitas yang berarti.” Awan Jakarta. YPWS. Asia One.