Bahagianya Bebek Punya Jalur Jalan Khusus Di Negara Inggris

Hewan bebek bukan hanya lucu, namun bisa menggemaskan bagi sebagian orang. Di negara Inggris mereka bisa tenang berjalan karena punya jalan khusus.
Hewan bebek bukan hanya lucu, namun bisa menggemaskan bagi sebagian orang. Di negara Inggris mereka bisa tenang berjalan karena punya jalan khusus.

Bebek punya jalur jalan khusus di Inggris. Keberadaan mereka membuat otoritas setempat turun tangan memberikan keistimewaan bagi hewan lucu tersebut di jalanan, sesuai rilis Amusing Planet.

Saat pejalan kaki di Indonesia harus terancam keselamatannya, orang Inggris malah peduli terhadap keselamatan bebek. Kini banyak ditemui jalur khusus untuk pejalan kaki yang berbagi dengan jalur khusus bebek. Jalur khusus ini bisa ditemukan di atas kanal dan rute air yang berada di London, Birmingham, dan Manchester.

Lucunya, nama jalur jalan kaki untuk hewan yang satu ini juga diberi nama Duck Lanes. Ini adalah jalur khusus bagi bebek temporer yang disediakan di area perairan. Jalur khusus itu sendiri dibuat oleh yayasan Canal & River Trust yang memiliki tanggung jawan atas kanal dan jalur air tersebut.

Embed from Getty Images

Kepedulian warga yang tinggi terhadap bebek

Inggris memang mempunyai sungai dan kanal sangat luas. Tidak jauh dari sungai dan kanal tersebut ada jalan kecil bagi pengendara roda dua dan pejalan kaki. Seringkali bebek-bebek yang menjadi anggota dari ekosistem sungai juga keluar dari air dan ikut jalan di area jalan kecil tersebut. Awalnya banyak dari mereka yang tertabrak kendaraan yang lewat. Hingga akhirnya, pihak yayasan tersentak dan segera membuatkan jalur khusus untuk hewan berkaki dua tersebut.

Menurut pihak yayasan, kota-kota tersebut memang punya sungai dan danau yang cukup luas. Biasanya di sekitar area ini memang ada jalan kecil yang dilalui oleh pejalan kaki dan sepeda motor. Karena sering menganggu jalur kendaraan dan manusia, mereka lantas memutuskan untuk menyediakan jalur khusus untuk hewan berkaki dua tersebut.

Ketua Yayasan, Claire Risino, telah mengatakan jika yayasannya siap membangun lebih banyak lagi jalur khusus bagi hewan liar. Yang jadi masalah adalah tidak cukupnya ruang untuk membangun jalan khusus hewan tersebut.

“Sepertinya memang tidak akan mungkin untuk membuat jalur untuk semua hewan lainnya, jadi kami pikir bebek setidaknya bisa memiliki satu jalan untuk mereka,” ujar Claire Risino.

Adanya jalur khusus bebek ini dimaksudkan bagi pemakai jalan agar lebih berhati-hati dan memberikan perhatian pada kehidupan alam di sekitarnya. Pengguna sepeda juga biasanya akan menurunkan kecepatannya begitu melewati jalan yang berbagi dengan hewan lucu tersebut. Karuan saja bebek-bebek yang ikut lewat lebih terjaga keselamatannya hingga tujuan. Hati-hati ya bebeeek… Awan Jakarta. YPWS.