Bendera Indonesia Terbalik Di Sea Games 2017 Picu Amarah Netizen

32
Bendera Indonesia Terbalik Di Sea Games 2017 Picu Amarah Netizen
Bendera Indonesia Terbalik Di Sea Games 2017 Picu Amarah Netizen

Awanjakarta.com – Bendera Indonesia Terbalik di Sea Games 2017 sontak memicu amarah netizen Tanah Air. Kecerobohan ini memimbulkan banyak tanda tanya.

Komisi I DPR yang mengurusi bidang luar negeri ikut menyayangkan insiden konyol gambar bendera Indonesia yang dicetak terbalik di buku panduan Sea Games 2017. Hal ini semakin mengesalkan banyak pihak karena berdekatan dengan Hari Kemerdekaan RI.

Sebelumnya diberitakan, buku bertajuk souvenir spesial yang memuat gambar bendera Indonesia terbalik itu dibagikan kepada tamu undangan, termasuk Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, dalam acara pembukaan SEA Games 2017 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Sabtu (19/08/2017).

Di halaman 80 dalam buku tersebut, terlihat ada bendera negara-negara yang pernah menjadi tuan rumah SEA Games. Bendera Indonesia, yang seharusnya merah putih, malah tercetak putih merah.

Yang membuat kesal banyak netizen Tanah Air, kesalahan cetak hanya terjadi pada bendera Indonesia saja. Sementara itu, bendera 10 negara peserta SEA Games lainnya tercetak dengan benar tanpa ada yang terbalik.

Komisi I DPR ikut menyebut jika insiden fatal tersebut merupakan blunder Malaysia selaku tuan rumah Sea Games 2017. Hal ini dinilai melukai perasaan negara yang kerap disebut sebagai negara serumpun.

“Terbaliknya bendera Indonesia dalam materi pertandingan persahabatan Sea Games adalah merupakan kecerobohan yang melukai rasa persahabatan dua negara,” ujar Wakil Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid dalam keterangan tertulisnya, Minggu (20/08/2017).

Meutya juga ikut menyarankan agar Menpora Indonesia Imam Nahrawi untuk menunda pertemuan dengan pihak Malaysia. Malaysia ia nilai terlebih dahulu harus memperbaiki keteledoran mereka.

“Saran saya kepada Menpora agar tidak menerima dulu kunjungan Menpora Malaysia hingga kesalahan diperbaiki. Materinya dicetak ulang dan dibagikan ulang yang benar dengan penjelasan kepada forum Sea Games bahwa materi yang diterima sebelumnya salah,” sebut Meutya.

“Siapapun yang memilih menjadi host ajang diplomasi, termasuk diplomasi olahraga dalam skala yang besar, harus bisa memahami ketiga prinsip diplomasi tersebut. Jika tidak, tak perlu menawarkan diri menjadi host,” pungkasnya.

Panitia minta maaf atas insiden Bendera Indonesia Terbalik di Sea Games 2017

Panitia pelaksana SEA Games Kuala Lumpur 2017 dikabarkan telah mengeluarkan surat pernyataan resmi sekaligus permohonan maaf atas insiden kesalahan cetak bendera Indonesia. Keadaan itu sendiri hingga kini telah memicu kemarahan netizen Indonesia.

Pada pembukaan SEA Games 2017 di Stadion Bukit Jalil, Sabtu (19/08/2017), sejumlah pengunjung – khususnya dari Indonesia yang mendapatkan buku panduan, sontak dibuat terkejut. Entah sengaja atau tidak, Bendera Merah Putih dicetak terbalik sehingga menjadi warna bendera Polandia.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi lantas mengunggah insiden tersebut via media sosial dan mendapat reaksi keras masyarakat Indonesia. Panitia lokal Malaysia lantas mengeluarkan permohonan maaf mereka secara resmi.

Surat tersebut diunggah di akun Twitter resmi SEA Games 2017 @KL2017.

“Kami ingin memohon maaf kepada rakyat Indonesia di atas kesilapan yang tidak disengajakan dalam mencetak bendera Indonesia dalam buku cenderamata tersebut,” tulis mereka dalam surat tersebut dari postingan Twitter.

Sebelumnya, Khairy Jamaluddin, dikabarkan sudah meminta maaf secara tidak langsung dengan membalas tulisan Twitter Imam Nahrawi tentang kekecewaannya dengan bendera Indonesia yang terbalik. Ia juga masih yakin jika hubungan antar kedua negara tidak akan terlalu berpengaruh.

“Kesilapan ini adalah amat kesali dan kami percaya hubungan erat di antara dua negara akan lebih diperkukuh di bawah semangat Sukan SEA,” tulis kalimat penutup dalam surat maafnya.

Masyarakat Indonesia memang aslinya pemaaf, namun hal ini sejatinya tidak bisa dibiarkan begitu saja. Beragam komentar pedas hingga kini masih bertebaran di media sosial. YPWS.