Bogor Akan Jadi Kota Pertama di Indonesia Dengan Peta Angkot Digital

- Bogor Akan Jadi Kota Pertama di Indonesia Dengan Peta Angkot Digital
Bogor Akan Jadi Kota Pertama di Indonesia Dengan Peta Angkot Digital. Ilustrasi

Berita Nasional: Kota Bogor, Jawa Barat akan menjadi kota pertama di Indonesia dengan peta angkot digital. Peta rute angkot akan dirilis, baik peta digital yang bisa diakses melalui jaringan mobile, maupun peta cetak.

“Peta rute angkot ini akan kami luncurkan 4 Juni mendatang, sebagai kado Hari Jadi Bogor ke-533,” buka Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Kota Bogor, Encep Moch Ali Alhamidi.

Encep Moch Ali Alhamidi menyebutkan, peta rute angkot digital dan cetak ini dibuat khusus oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) melalui program orientasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) lembaga milik pemerintah tersebut. Jelas akan mempermudah masyarakat dalam dan luar Bogor.

“Dengan peta rute angkot ini memberikan kemudahan informasi bagi para pengunjung yang datang ke Kota Bogor. Mereka bisa mengakses informasi rute angkot melalui alat komunikasi mobil,” katanya.

Encep tak lupa menambahkan bahwa hadirnya peta rute angkot selain untuk memberikan kemudahan, kenyamanan dan mempercepat pelayanan Pemerintah Kota Bogor kepada masyarakat. Sekaligus juga bagian dari mewujudkan konsep “Smart City”.

“Peta digital dan cetak rute angkot ini juga membantu Pemerintah Kota Bogor dalam program ‘rerouting’ angkot yang sedang disiapkan.”

Libatkan 73 PNS BIG

Ketua Panitia Orientasi CPNS BIG, Suharlan menjelaskan, pembuatan peta cetak dan digital rute angkot Kota Bogor merupakan salah satu program dalam masa orientasi CPNS BIG. Pengerjaan peta tersebut berlangsung selama tiga bulan.

“Pembuatan peta digital dan cetak rute angkot Kota Bogor ini berlangsung selama tiga bulan, dalam rangka orientasi CPNS BIG sebagai kontribusi yang dilakukan untuk masyarakat di sekitar BIG,” jelas Suharlan.

Ia mengatakan pembuatan peta rute angkot Kota Bogor melibatkan 73 orang CPNS BIG yang dibagi tugas sesuai dengan tupoksinya, seperti ada yang bertugas dalam mengolah data digital, survei lapangan, dan pembuatan program petanya.

“Kegiatan ini bagian dari program kontribusi jangka panjang (long live contribution) BIG terhadap masyarakat sekitarnya,” katanya.

Arini Fadilah sebagai Struktural Kepegawaian BIG menambahkan, pihaknya memilih membuat peta rute angkot karena sangat berhubungan langsung dengan permasalahan yang dihadapi oleh Pemerintah Kota setempat.

“Kenapa peta rute angkot, karena kami melakukan survei bahwa angkot ini menjadi persoalan serius yang sedang dihadapi oleh Pemerintah Kota Bogor,” katanya.

Koordinator pembuatan Peta rute angkot BIG, Aldila Franda menambahkan, peta digital dapat diakses melalui internet di laman angkotkotabogor.big.go.id.

“Peta digital ini bekerja mirip seperti “googlemap”, selain informasi angkot ada 11 informasi lainnya yang tersedia, seperti kuliner, pusat perbelanjaan, restoran, sarana olah raga, dan fasilitas umum lainnya,” pungkasnya. Awan Jakarta. YPWS.