DPRD DKI Sudah Dilantik 3 Bulan Tapi Belum Juga Bekerja

- DPRD DKI Sudah Dilantik 3 Bulan Tapi Belum Juga Bekerja

Awan Jakarta – Uang pajak rakyat kembali dipermainkan. Anggota DPRD DKI Jakarta ternyata belum juga bekerja meski sudah dilantik tiga bulan yang lalu. Ya, 106 anggota dewan yang sudah dipilih rakyat belum bergerak untuk membantu permasalahan warga Jakarta.

Sejak 25 Agustus 2014 lalu, 106 orang sudah dilantik sebagai anggota DPRD DKI Jakarta. Namun hingga kini ada masalah yang menghambat mereka untuk bekerja membantu masyarakat. Anggota Fraksi Partai Golkar, Asraf Ali, berkilah bahwa masalah terjadi pada alat kelengkapan dewan (AKD).

Hingga saat ini DPRD DKI Jakarta ternyata belum memiliki alat kelengkapan dewan. Situasi ini membuat para anggota dewan dengan otak 106 orang yang berpendidikan tinggi dan seharusnya bisa mencari solusi dari permasalahan tersebut menjadi kebingungan.

Asraf Ali menyampaikan kegelisahan pribadi dan rekan-rekan terhormatnya. Belum adanya alat kelengkapan dewan menunjukkan wakil rakyat masih mengutamakan urusan politik ketimbang masyarakat lebih luas. Ia menyayangkan selama tiga bulan pasca pelantikan para anggota dewan belum bisa bekerja.

“Bayangkan sejak tiga bulan lalu kami dilantik, tapi hingga saat ini belum bisa bekerja lantaran belum terbentuknya alat kelengkapan dewan yang menjadi dasar pijakan kami dalam bekerja,” tutur Asraf Ali di Balai Kota DKI Jakarta sesuai rilis Merdeka, Rabu (26/11/2014).

Perselisihan antara Koalisi Merah Putih (KMP) dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH) menjadi faktor alasan keterlambatan ini. Asraf Ali berpendapat, semestinya anggota dewan tidak memasukkan urusan politik ke dalam urusan pekerjaan terkait pemerintahan.

Asraf hanya bisa berharap para anggota dewan dari dua koalisi tersebut bisa duduk bersama dan akur. Penyesuaian menjadi kunci penting untuk efektivitas kinerja.

“Misalnya berkumpul dan makan bersama. Melalui pendekatan informal semoga bisa mencairkan suasana. Kalau masing-masing mau menyesuaikan dengan tugas kedewanan dan melenturkan karakter individual, Insya Allah, kita bisa bersatu untuk menjalankan amanah,” pungkas Asraf dengan yakinnya. YLWS.