Ke Taman Fatahillah Yuuk, Ada Museum Day Festival 2014

- Ke Taman Fatahillah Yuuk, Ada Museum Day Festival 2014

Awanjakarta – ke taman Fatahillah yuuk… Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi DKI Jakarta kan menggelar Jakarta Museum Day Festival 2014 lagi. Acara akan diselenggarakan di Taman Fatahillah, kawasan Kota Tua, Jakarta Barat pada Sabtu, 7 Juni 2014 mulai pukul 09.00 hingga 21.00 WIB.

“Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Museum Internasional setiap tanggal 18 Mei, sekaligus Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jakarta ke-487 pada 22 Juni nanti,” ujar Ida Zubaidah, Kepala Bidang Pengelolaan Daya Tarik Destinasi Wisata Disparbud DKI dalam konferensi pers di Balai Kota Jakarta Pusat.

Ditambahkan, dalam penyelenggaraan festival kelima itu, 45 museum di Jakarta akan berpartisipasi.

“Berbagai acara pun akan kita gelar untuk memeriahkan festival tersebut, diantaranya lomba foto, lomba stan pameran, lomba mewarnai bagi siswa SD serta lomba jelajah museum (amazing race) secara berkelompok oleh para pelajar.”

Pelaksanaan festival tersebut baru dapat dilaksanakan pada bulan Juni karena penyelenggaraannya melalui proses lelang sebanyak dua kali.

“Acara ini tidak bisa digelar tepat waktu karena pakai proses lelang sampai dua kali. Lelang pertama gagal, kemudian kita gelar lelang ulang. Setelah itu, baru didapat pemenangnya, yaitu PT Gemini Mitra Gemilang,” ujarnya.

Anggaran yang dikeluarkan untuk penyelenggaraan kegiatan tersebut sebesar Rp2 miliar dan Disparbud DKI  menargetkan jumlah pengunjung akan mencapai sekitar 5 ribu hingga 10 ribu orang.

Kegiatan ini sendiri diharapkan dapat menumbuhkan atau membangkitkan kembali rasa bangga dan rasa cinta terhadap sejarah dan karya-karya asli Indonesia.

“Diharapkan juga para pengelola museum di Jakarta dapat saling bersinergi dalam menjalankan program-program, sehingga mampu meningkatkan daya tarik museum sebagai objek wisata pilihan sekaligus sarana edukasi masyarakat,” pungkasnya.

Karena masalah keterbatasan lahan parkir di lokasi acara, dia menghimbau pengunjung agar tidak menggunakan kendaraan pribadi, melainkan menggunakan transportasi umum, seperti bus Transjakarta atau kereta. YLWS.