Komponen Rawan Rusak Ketika Mobil Dipaksa Terobos Banjir

11
Komponen Rawan Rusak Ketika Mobil Dipaksa Terobos Banjir
Komponen Rawan Rusak Ketika Mobil Dipaksa Terobos Banjir

Perlu diketahui jika ada komponen yang jadi rawan rusak jika Anda memaksa mobil terobos banjir. Pada saat musim hujan jelas akan banyak jalanan yang tergenang air, bahkan beberapa tempat ada yang lebih parah lagi terkena banjir yang cukup tinggi untuk dilewati.

Dengan kondisi parah tersebut, jelas pada musim hujan seperti ini akan banyak kendaraan yang rentan terkena banjir. Beberapa pengendara kerap nekat menerobosnya.

Ternyata ada beberapa spare part mobil yang akan berbahaya jika kena banjir, terutama perangkat elektronik. Berikut penjelasan sederhana terkait bagian kendaraan yang harus diperiksa atau jika perlu diganti jika mobil sudah terkena banjir.

Perangkat Electronic Control Unit (ECU) adalah yang sangat rentan mengalami kerusakan ketika terkena air banjir. Perangkat ini terancam jika Anda nekat menerjang genangan air dengan ketinggian lebih dari 20 sentimenter.

Umumnya pada saat terkena air, ECU bisa mengalami korsleting. Perangkat tersebut memang diletakkan di bagian dalam dasbor mobil, namun masih berpeluang apabila pengendara memaksakan menerjang banjir air bisa masuk ke bagian dalamnya.

Biasanya juga, tanpa disadari cipratan air pada saat nekat menerjang banjir tersebut bisa
langsung mengenai ECU. Hal inilah yang sering pada akhirnya menyebabkan korsleting. Masalah tersebut bisa berbahaya jika Anda tak mempedulikannya.

Embed from Getty Images

Mobil dipaksa terobos banjir bisa sangat merugikan

Bila ECU korsleting maka mesin mobil tidak akan hidup dibuatnya. Seluruh sistem kontrol mesin sangat bergantung pada alat yang satu ini. Jelas jika ECU rusak malah akan sangat menyulitkan.

JIka ECU mobil ini ada yang bisa diservis dengan cara mengganti IC. Tapi jika ECU di mobil
keluaran terbaru, atau sekitar 2010 ke sini akan sulit diservis karena komponennya cukup kecil.

So jelas, jangan sekali-kali nekat mencoba menerobos banjir pada saat menggunakan mobil. Selain akan membuat mobil jadi rusak, jelas akan sangat menyulitkan dan harus mengeluarkan uang banyak untuk biaya perbaikan. Jika hanya korsleting biasa mungkin tidak terlalu memusingkan, namun jika berujung pada kebakaran.. Lebih baik menghindarinya sajalah. Awan Jakarta. YPWS.