Nama Android 8.0 Oreo Telah Resmi Dirilis Google

13
Nama Android 8.0 Oreo Telah Resmi Dirilis Google

Awanjakarta.com – Nama Android 8.0 Oreo kini telah resmi dirilis oleh pihak Google. Hal ini artinya memang sesuai prediksi banyak orang sebelumnya.

Setelah selama beberapa bulan ini Android 8.0 sempat dipanggil Android O, kini pihak Google resmi mengumumkan jika nama Android 8.0 menjadi Android 8.0 Oreo. Banyak orang yang telah memprediksikan nama tersebut karena dinilai lebih familiar.

Selain lebih familiar didengar, keputusan ini juga menjadi kedua kalinya bagi Google untuk
bekerjasama secara komersial, setelah dahulu menggunakan nama KitKat untuk Android 4.4. Nama yang bernuansa manis-manis ini dekat dengan keseharian.

Peresmian nama Android Oreo juga bertepatan dengan terjadinya Gerhana Matahari Total pada hari Senin (21/08/2017) malam di wilayah Amerika tersebut. Hal ini ikut menambah daya tarik peresmian nama Android Oreo tersebut.

Android Oreo sendiri didatangkan dengan fitur pembatasan jumlah aktivitas di latar belakang yang bertujuan menghemat baterai dan data. Fitur notification channel dan dots yang bertujuan mempermudah pengelolaan pemberitahuan, serta ada juga fitur picture-in-picture ikut disematkan. OS terbaru ini juga ikut menjanjikan optimisasi sistem yang bisa berikan peningkatan performa hingga 2x lipat dari generasi sebelumnya.

Nama Android yang punya kandidat menarik lainnya

Sebelumnya bukan hanya nama Oreo yang menjadi kandidat untuk nama Android 8.0. Beberapa laporan ada yang mengatakan jika kemungkinan nama Android 8.0 bisa menjadi ‘Oatmeal Cookie’, ‘Orange Julius’, ‘Orange Sherbert’, bahkan ‘Octopus’ yang bernuansa hewan lautan. Namun pada akhirnya dari semua itu, biskuit manis Oreo yang akhirnya jadi dipilih oleh pihak Google.

Bukan hanya serius mengumumkan nama Android 8.0 Oreo saja, Google ikut menyediakan sistem operasi Android generasi terbaru di Android Open Source Project (AOSP). Meski belum siap untuk bergulir secara OTA (over-the-air), namun Google klaim Android 8.0 Oreo sudah memasuki tahap pengujian untuk beberapa perangkat yang kompatibel, termasuk Nexus 5P, Nexus 6P, Pixel, hingga Pixel XL.

Perangkat Android utama milik Google seperti Nexus dan Pixel (pengganti Nexus) dirancang khusus agar bisa langsung mendapatkan pembaruan OS versi terbaru. Vendor pihak ketiga seperti Samsung, Nokia, Sony, Huawei, dan sebagainya telag dijadwalkan akan mendapatkan OS tersebut pada akhir tahun 2017, sesuai rilis VentureBeat. YPWS.