Negara Maju Bersaing Menerapkan Siaran TV Digital

Negara Maju Bersaing Menerapkan Siaran TV Digital

Awanjakarta – beberapa tahun ini, negara-negara maju semakin bersaing dalam menerapkan pola siaran TV Digital. Perpindahan sinyal siaran dari analog menjadi digital memang sudah banyak dilakukan oleh beberapa negara maju.

Jerman termasuk satu diantaranya. Di sana proyek penggunaan sinyal digital sudah dimulai sejak 2003 di kota Berlin, sementara untuk kota-kota besar lainnya seperti Munchen dimulai pada 2005. Sedangkan untuk negara Perancis dan Inggris sudah lebih dulu menghentikan siaran TV analog mereka secara total dan beralih ke siaran TV digital.

Untuk Amerika Serikat, salah satu barometer negara maju di dunia, penggunaan teknologi sinyal siaran TV digital diatur dalam Undang-Undang Pengurangan Defisit tahun 2005. Undang-Undang ini disetujui oleh Kongres dan mewajibkan setiap stasiun televisi lokal diminta untuk mematikan saluran analog mereka sejak 17 Februari 2009. Dan sejak 2011 yang lalu, negara maju lainnya, yaitu Jepang, telah memulai siaran TV digital secara massal.

Anda tidak perlu membeli TV baru berbasis digital, namun cukup membeli alat tambahan yang disebut rangkaian konverter atau terkenal dengan nama Set Top Box.

Sinyal siaran digital pada akhirnya akan diubah oleh Set Top Box ini menjadi sinyal analog, dengan demikian TV analog Anda dapat menyiarkan siaran TV digital.

Dengan cara ini Anda akan perlahan beralih pada teknologi siaran TV digital, namun tanpa memutuskan siaran TV analog yang selama ini Anda gunakan.

Jika melihat kondisi zaman yang semakin berkembang dengan realita seperti di atas, tentu membuat produsen elektronik mesti bersiap menyongsong era baru dunia pertelevisian.

Mereka wajib memiliki inovasi terkini pada produk TV digital yang akan digadang menjadi jagoan masing-masing dalam pasar elektronik di Indonesia. Para produsen sudah harus bersiap menghadapi penerapan sistem siaran televisi digital yang sudah mendapatkan restu dari pemerintah.

Peralihan pesawat TV analog yang ada di rumah Anda menjadi pesawat TV digital membutuhkan pergantian perangkat pemancar dan penerima siaran TV Anda. Di sinilah peran serta para produsen elektronik untuk menyediakan produk TV berbasis digital. Walaupun sebenarnya jika Anda tetap ingin memakai TV analog yang saat ini ada di rumah juga bisa. YLWS.