Niat Mulia Membukukan Pengalaman Kakek Tercinta

Niat Mulia Membukukan Pengalaman Kakek Tercinta

Awanjakarta – Siapa sebenarnya Irma Devita? Perempuan yang kerap disapa Mbak Ing ini adalah seorang notaris, ibu, blogger, yang juga aktif menulis buku-buku tentang hukum dan kenotariatan. Novel ini terwujud dari niat mulia dirinya untuk membukukan pengalaman sang kakek tercinta.

Lalu bagaimana akhirnya Mbak Ing bisa menelurkan sebuah novel sejarah? Semua bermula dari kisah-kisah neneknya, yang tak lain Rukmini. Kisah tentang seorang pejuang yang juga kakek beliau, Letkol. Mohammad Sroedji. Kisah menarik tersebut membuatnya berjanji untuk menuliskan semua hal tentang tentang Sang Patriot kebanggaannya.

14 tahun setelah neneknda meninggal, buku yang ia janjikan itu akhirnya terbit setelah perjuangan selama lebih kurang 1,5 tahun. Dalam jangka waktu tersebut, Mbak Ing melakukan riset meliputi pengumpulan data sejarah, di Indonesia bahkan sampai ke Belanda. Ia membaca hingga 28 buku referensi, serta menyempurnakan penulisan.

Karena ingin Sang Patriot bisa dinikmati oleh kalangan luas, ia memilih penuturan gaya bahasa dongeng. Tentu saja, itu semua tak luput dari permasalahan. Kesibukannya sebagai seorang notaris secara tak langsung membatasi. Berusaha memenuhi janji untuk menyelesaikan kisah ini akhirnya terbayar setelah berhasil diterbitkan. YLWS.