Pendaki Sempat Terjebak di Hutan Gunung Guntur yang Terbakar

- Pendaki Sempat Terjebak di Hutan Gunung Guntur yang Terbakar
Pendaki Sempat Terjebak di Hutan Gunung Guntur yang Terbakar. Ilustrasi. jurnalasia

Berita Nasional: Pendaki sempat terjebak di hutan Gunung Guntur yang terbakar. Hal tersebut masih membuat tim gabungan bersiaga.

Sejumlah pendaki telah melaporkan sempat terjebak tidak dapat turun dari Gunung Guntur, Kabupaten Garut, Jawa Barat, akibat kebakaran hutan di gunung aktif tersebut, Minggu (19/07/2015).

Petugas Pos Gunung Guntur, Tati Karwati mengatakan bahwa jumlah pendaki cukup banyak yang terbagi beberapa kelompok diantaranya dari daerah Jakarta, Bandung dan Tasikmalaya.

“Berapa jumlah total pendaki, saya belum tahu karena sangat banyak sekali, mereka melapor terjebak saat terjadi kebakaran,” jelasnya.

Tati Karwati mengatakan, kebakaran hutan itu mulai diketahui pada Minggu siang, di Blok Rejeng, Gunung Guntur, Kecamatan Tarogong Kaler. Kobaran api dan kepulan asap di tengah hutan gunung itu sempat membuat pendaki kesulitan untuk turun gunung.

Namun akhirnya, sebagian besar pendaki berhasil turun setelah kebakaran di hutan tersebut mulai perlahan tidak membahayakan pendaki di jalur pendakian.

“Api dalam kebakaran di gunung sudah tidak membahayakan karena telah menjauhi jalur pendakian,” tambahnya lagi.

Masih menyimpan potensi kebakaran

Pihak berwenang gabungan dari unsur Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Kepolisian, TNI, hingga BKSDA Garut, dikabarkan masih bersiaga di pos pemantauan.

Petugas gabungan itu siap siaga melakukan evakuasi jika masih ada pendaki yang ingin turun atau keluar dari kawasan gunung terbesar di Garut itu.

“Kebakarannya masih berlangsung, semua petugas ‘stand by’ di pos untuk upaya evakuasi bila diperlukan,” katanya.

Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Garut, TB Agus menyatakan situasi di jalur pendakian Gunung Guntur sudah aman namun harus diwaspadai dari potensi ancaman bahaya kebakaran hutan lanjutan.

TB Agus juga menyampaikan, para pendaki yang dilaporkan terjebak itu karena tidak dapat keluar melewati jalur pendakian akibat kebakaran hutan sekitar pukul 13.00 WIB. Para pendaki tersebut dari rombongan Tasikmalaya.

“Mereka terjebak tidak tahu jalur pulang karena jalurnya terbakar, setelah padam mereka dari rombongan Tasikmalaya bisa turun sekitar pukul 15.30 WIB,” jelasnya. Awan Jakarta. YPWS.