Penulis Naskah Skenario Doraemon, Nobuyuki Fujimoto, Tutup Usia

- Penulis Naskah Skenario Doraemon, Nobuyuki Fujimoto, Tutup Usia

Awan Jakarta – Tahu siapa penulis naskah serial dan film Doraemon? Bukan penciptanya ya (Fujiko F. Fujio) .. Iya, Nobuyuki Fujimoto. Pria yang karyanya sudah bertahun-tahun menemani anak-anak itu sudah tutup usia. Ia meninggal pada 4 Januari 2015 pukul 14.25 waktu setempat di prefektur Saitama, dalam perawatan sebuah rumah sakit di sana.

Nobuyuki Fujimoto meninggal di usianya yang ke 57 tahun, akibat menderita tumor di paru-paru bagian atasnya. Laman Sponichi melalui Anime News Network merilis, karya pria itu hingga kini masih dinikmati oleh anak-anak pecinta anime Doraemon.

Yang paling dikenal dari tulisan naskah Doraemon hasil karyanya jelas film Doraemon: Nobita’s the Night Before a Wedding, dan yang pasti serangkaian naskah serial televisi Doraemon.

Fujimoto merupakan kelahiran prefektur Miyagi, yang berprofesi sebagai penulis naskah beberapa anime. Selain Doraemon, ia juga punya sederet karya lain seperti Kamikaze Kaitou Jeanne, Jungle Book: Shounen Mowgli, Yamato Takeru, dan lain-lain.

AnDREggae Turut Berduka

Meninggalnya Nobuyuki Fujimoto selaku penulis naskah anime Doraemon, ikut mengundang rasa duka yang mendalam bagi AnDREggae. Penyanyi reggae Tanah Air yang juga pernah bermukim di Jepang itu, menganggap Fujimoto sebagai salah satu sosok yang sangat berjasa bagi dirinya.

“Kami segenap manajemen dan kru AnDREggae -Japan Indonesian Reggae-, turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas wafatnya Mr. Nobuyuki Fujimoto. Semoga amal ibadahnya diterima di sisinya dan selalu dikenang karya-karyanya,” ujar penyanyi bernama asli Andre tersebut, Kamis (08/01/2015).

- Penulis Naskah Skenario Doraemon, Nobuyuki Fujimoto, Tutup Usia

Andre ternyata tak sungkan mengakui terinspirasi untuk menggarap sebuah lagu bertema Doraemon berkat naskah anime Fujimoto.

“Dan saya juga berterimakasih kepada beliau. Dengan adanya karya beliau, terciptalah salah satu lagu dari album AnDREggae yang berjudul `Dokodemo Doaa` (Dimana Saja Ada Pintu).”

“Pertama kali lagu ini saya ciptakan waktu saya tinggal di Jepang, dan pada saat itu saya merasa rindu dengan orangtua, saudara, teman, dan orang-orang yang saya sayangi, dan di situ saya berhayal kalau seandainya ada Dokodemo Doaa, mungkin saya kapan saja bisa pulang tanpa ada biaya atau makan waktu lama agar bisa melepas rindu saya kepada orang-orang yang saya sayangi. Itulah awal mulanya lagu AnDREggae, Dokodemo Doaa tercipta. Sekali lagi, saya ucapkan selamat jalan Mr. Nobuyuki Fujimoto. Sayonara!

Selamat jalan Nobuyuki Fujimoto. YLWS.