Peringkat FIFA Indonesia Naik Saat Malaysia Malah Turun

9
Peringkat FIFA Indonesia Naik Saat Malaysia Malah Turun
Peringkat FIFA Indonesia Naik Saat Malaysia Malah Turun

Kabar menyenangkan memang telah datang dari pengumuman Peringkat FIFA atas negara-negara sepakbola dunia. Peringkat Indonesia dikabarkan naik empat peringkat, sekaligus mempecundangi Malaysia.

Dikabarkan melalui rilis FIFA per Oktober 2017 kali ini, negara Indonesia memang terlihat menempati posisi 165 dari sebelumnya yang sempat bermain di posisi 169. Artinya kini negara Indonesia naik empat peringkat dalam dunia sepak bola Internasional.

Meski naik empat tingkat, namun hal itu sudah cukup bagi Indonesia untuk mempecundangi negara Malaysia yang kedodoran ke posisi 170 (sebelumnya menempati posisi 165). Negara Indonesia sendiri terlihat mendapatkan poin 177.

Posisi negara Indonesia sendiri masih berada di bawah negara Laos yang juga kebagian perubahan naik empat peringkat ke posisi 162. Kejutan untuk kawasan Asia Tenggara datang dari melejitnya posisi negara Filipina yang kini mantap berada di posisi 116 (naik tujuh peringkat).

Embed from Getty Images

Peringkat FIFA masih dikuasai Jerman

Hal ini diikuti oleh negara Vietnam di posisi 121 (naik sembilan peringkat). Sementara negara Thailand yang selama ini menjadi raja Asia Tenggara, malah tercecer di posisi 138 (turun satu strip).

Posisi negara Myanmar juga ikut mengalami penurunan, yang kini mulai menempati posisi 155 (turun tiga peringkat). Posisi ini masih berpotensi untuk berubah kembali tahun depan.

Sementara itu, untuk posisi puncak masih kuat dikuasai raksasa Jerman yang memiliki tradisi bola lura biasa dengan koleksi poin 1631. Dibelakang negara Jerman ada negara Brasil yang menempati peringkat kedua. Sementara juara bertahan gelaran Euro 2016 negara Portugal kini berada di peringkat ketiga.

Untuk peringkat FIFA posisi empat dan lima, ditempati oleh negara Argentina dan negara Belgia. Selanjutnya ada negara Prancis dan negara Spanyol yang bisa naik rangking ke posisi enam dan posisi tujuh.

Kabar ini harus disambut baik oleh dunia bola Indonesia dengan perbaikan demi perbaikan lanjutan jika masih ingin tahun depan kembali naik peringkat. Semua hal yang berkaitan dengan profesionalitas penyelenggaraan, klub, pemain, dan lain-lain wajib terus dibenahi dengan sebaik-baiknya. Prestasi di kancah Internasional juga harus mengalami peningkatan yang signifikan. Awan Jakarta. YPWS.