PKPU HI Cabang Yogyakarta Gelar Aksi Edukasi Kebencanaan

PKPU HI cabang Yogyakarta telah menggelar aksi edukasi kebencanaan yang jelas sangat diperlukan. Dalam rangka menyambut Hari Kesiapsiagaan Bencana yang jatuh pada tanggal 26 April 2018 yang akan datang, PKPU HI (PKPU Human Initiative) cabang Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan aksi edukasi kebencanaan.
Berita Terkini - PKPU HI cabang Yogyakarta telah menggelar aksi edukasi kebencanaan yang jelas sangat diperlukan. Dalam rangka menyambut Hari Kesiapsiagaan Bencana yang jatuh pada tanggal 26 April 2018 yang akan datang, PKPU HI (PKPU Human Initiative) cabang Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan aksi edukasi kebencanaan.

Awanjakarta.com – PKPU HI cabang Yogyakarta telah menggelar aksi edukasi kebencanaan yang jelas sangat diperlukan. Dalam rangka menyambut Hari Kesiapsiagaan Bencana yang jatuh pada tanggal 26 April 2018 yang akan datang, PKPU HI (PKPU Human Initiative) cabang Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan aksi edukasi kebencanaan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pembelajaran kepada masyarakat yang berada di daerah rawan bencana.

Berita - PKPU HI Cabang Yogyakarta Gelar Aksi Edukasi KebencanaanAgenda aksi ini sendiri diawali dengan pembekalan terkait kebencanaan, baik pengenalan daerah atau wilayah rawan bencana dan budaya untuk selamat dari bencana kepada sedikitnya 50 relawan. Para relawan tersebut berasal dari mahasiswa dan masyarakat sekitar.

Berita - PKPU HI Cabang Yogyakarta Gelar Aksi Edukasi KebencanaanSetelah pembekalan, para relawan lantas dimobilisasi untuk melakukan edukasi ke masyarakat terkait kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Selain itu para relawan juga ditugaskan untuk mengumpulkan data dengan menyebarkan Kuesioner yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana masyarakat di desa Kebonagung mengenai kebencanaan dan sejauh mana kesiapan mereka dalam hadapi bencana jika sewaktu-waktu terjadi.

Berita - PKPU HI Cabang Yogyakarta Gelar Aksi Edukasi KebencanaanRangkaian acara menyambut Hari Kesiapsiagaan Bencana ini dilaksanakan di desa Kebonagung kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul pada hari Sabtu (21/04/2018). Dipilihnya daerah ini sendiri lebih dikarenakan wilayah ini merupakan daerah rawan bencana. Wilayah ini berada di bantaran sungai Opak Oya yang berjarak hanya sekitar 1,5 Kilometer dari patahan tersebut. Hal ini menjadikan wilayah ini berpotensi gempa (sesuai sumber data peta bencana BPBD Kabupaten Bantul).

Berita - PKPU HI Cabang Yogyakarta Gelar Aksi Edukasi Kebencanaan

PKPU HI ikut merespon gempa Banjarnegara

Sebelumnya, pihak PKPU HI juga ikut merespon gempa bencana di Banjarnegara. Sejak terjadinya gempa, pihak PKPU Human Initiative telah menerjunkan tim rescue untuk menyelamatkan korban bencana. Selain membantu melakukan evakuasi di lokasi bencana, tim juga ikut membuka “Dapur Air” untuk memenuhi kebutuhan air minum, makanan kecil dan beberapa kebutuhan lain yang diperlukan oleh para pengungsi.

Koordinator tim rescue PKPU Human Initiative, M. Jawad telah menerangkan jika yang dibutuhkan oleh korban terdampak gempa saat ini adalah logistik dan makanan siap saji, air mineral, obat-obatan, hygiene kit dan perlengkapan tidur.

“Sampai sekarang kami masih terus memantu perkembangan kondisi para korban terdampak,” jelas beliau dalam laporannya. Pihaknya akan terus bersiap siaga untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang tidak diinginkan. Awan Jakarta. YPWS.