PKPU Human Initiative Terus Bantu Penyintas Tsunami Selat Sunda

PKPU Human Initiative Terus Bantu Penyintas Tsunami Selat Sunda

Awanjakarta.com – PKPU Human Initiative hingga awal Januari (02/01/2019) terus tak kenal lelah membantu penyintas Tsunami Selat Sunda. Musibah yang telah terjadi pada hari Sabtu, (29/12/2018) tersebut masih meninggalkan duka.

Pasca Tsunami Selat Sunda yang menimpa wilayah Banten dan Lampung, pihak PKPU Human Initiative terus menyalurkan paket bantuan. Adapun paket bantuan tersebut terdiri dari dapur air, beragam kebutuhan pangan atau food item, hygiene kits dan family kits.

PKPU Human Initiative terus mengajak seluruh masyarakat agar mau terus membantu saudara-saudara kita yang mengalami musibah Tsunami Selat Sunda di wilayah Banten dan Lampung Selatan. PKPU HI akan terus menerima distribusi bantuan dan dapat di salurkan melalui pos yang berada di Jalan Raya Panimbang, KM. 5, Desa Cibungur Masjid, Kecamatan Sukaresmi, Pandeglang, Banten. Untuk pos di Lampung, terletak di wilayah
Waymuli, Rajabasa, South Lampung Regency.

Per Desember 2018, tim sudah membantu 2.380 penerima manfaat dan masih akan terus bertambah. Hingga hari ini PKPU Human Initiative masih terus berkoordinasi dengan berbagai pihak di lokasi kejadian. Mengirimkan tim respon tanggap darurat dan melakukan assessment. Tim terdiri atas 9 personil dari PKPU HI dan 12 relawan PKPU HI yang terus bergerak tak kenal lelah.

Tim mendirikan dapur air di Pengungsian Radio Krakatau, Jl. ahmad yani, Labuan, Pandeglang dan pengungsian lapangan GOR Futsal Labuan Pandeglang. Dapur air ini sendiri menyediakan beragam kebutuhan pengungsi yang terkait dengan air minum, pampers bayi, pampers dewasa, dan lain-lain yang cukup mendasar.

Berita - PKPU Human Initiative Terus Bantu Penyintas Tsunami Selat Sunda
Sebagian tim PKPU Human Initiative yang berikan bantuan pada warga terdampak di lokasi. Pic: PKPU HI.

Selain itu tim PKPU Human Initiative juga mendistribusikan hygiene kit, food item dan family kits di beberapa lokasi antara lain:

  • Kampung Makui Tonggoh, Kampung Glondong dan Krakatau Radio, Desa Kalanganyar, Kec. Labuan, Pandeglang.
  • Kampung Kopi, Kampung Ketapang dan Kampung Cigerondong, kec. Sumur – Pandeglang.
  • Desa Teluk, Labuan, Pandeglang.
  • Desa Cugung, Kec. Rajabasa, Lampung Selatan.
  • Kampung Pesisir, Desa Sidamukti, Mekarsari, Pandeglang.
  • Kampung Sinarlaut, Desa Panimbang Jaya, Kec. Panimbang, Pandeglang.
  • Kampung Cibenda, Desa Sukarame, Kec. Carita, Pandeglang.
  • Pengungsian lapangan futsal GOR Labuan Pandeglang.

Selain mendistribusikan bantuan, tim juga terus aktif membersihkan reruntuhan bangunan pasca tsunami. Tim juga memberikan layanan kesehatan, dukungan psikososial, dan distribusi perlengkapan bayi dan balita.

Pada hari Rabu ini (02/01/2019), pihak PKPU Human Initiative mengirimkan bantuan ke wilayah Kampung Cisiih, Desa Cisaat, Kecamatan Cimanggu. Pendistribusian selimut dan hygiene kit juga disalurkan ke wilayah Kampung Katapang, Desa Cigarondong, Kecamatan Sumur.

Bagi Anda yang terpanggil hatinya untuk memberikan bantuan, bisa memberikan donasi ke tautan: https://donation.pkpu.org/campaign/tsunami-selat-sunda/. Sedikit banyaknya, setiap bantuan kemanusiaan yang kita berikan akan bermanfaat bagi yang membutuhkan. Awan Jakarta. YPWS.

Berita - PKPU Human Initiative Terus Bantu Penyintas Tsunami Selat Sunda
Dapur Air PKPU Human Initiative yang menyediakan kebutuhan air bersih dan hal lainnya yang diperlukan para penyintas di lokasi. Pic: PKPU HI.