Prediksi Berapa Lama Suhu Dingin di Jabodetabek Bertahan

- Prediksi Berapa Lama Suhu Dingin di Jabodetabek Bertahan

Awanjakarta –  Dalam dua hari terakhir, suhu di Jakarta mencapai 25 – 27 derajat Celcius. Bahkan, pada Minggu (13/07/2014) malam, BMKG mencatat suhu 25 derajat Celcius. Kini sudah diprediksi berapa lama suhu dingin di Jabodetabek bertahan.

Ya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi suhu dingin berkisar 25 – 27 derajat Celcius di Jakarta berlangsung hingga akhir Juli. Suhu dingin akibat perubahan cuaca dari musim hujan ke musim kemarau.

Mulyo Prabowo, Kepala Pusat Penerangan Meteorologi BMKG, mengatakan suhu dingin akan terus terjadi hingga menjelang akhir Juli 2014. Keadaan demikian tidak hanya terjadi di Jakarta, namun juga di daerah sekitarnya seperti Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

“Pada pagi hingga siang cuaca wilayah Jakarta dan sekitarnya cenderung hangat dengan temperatur 26-27 derajat Celcius. Siang menuju sore hingga malam hari cuaca kembali ke suhu 25 derajat Celcius. Ini akan terjadi di Jabodetabek,” ujar Mulyo, Senin (14/07/2014).

Ditambahkan, penyebab lain dari suhu dingin adalah karena badai tropis di wilayah utara Indonesia atau sebelah timur Filipina. Situasi tersebut, menyebabkan aliran udara dari benua Australia ke Asia semakin menguat, sehingga wilayah sebelah barat Sumatera bagian selatan, hingga ke Jawa bagian barat menerima uap air yang cukup tinggi.

“Ada belokan angin dari wilayah barat Sumatera bagian selatan sampai ke Jawa bagian barat, makanya aliran udara melambat,” pungkasnya.

Meski suhu yang terjadi cenderung tidak lazim dari suhu normal, Mulyo menegaskan perubahan suhu saat ini sebenarnya masih dalam tahap normal. YLWS.