Kisah Samurai Kulit Hitam Pertama Di Jepang Akan Dibuat Filmnya

9
Kisah Samurai Kulit Hitam Pertama Di Jepang Akan Dibuat Filmnya
Kisah Samurai Kulit Hitam Pertama Di Jepang Akan Dibuat Filmnya

Kisah nyata tentang seorang samurai kulit hitam pertama bernama Yasuke yang diyakini pernah ada di sejarah Jepang, direncanakan akan diadaptasi menjadi film Hollywood. Film ini dikabarkan segera diproduksi oleh Mike De Luca dan Stephen L’Heureux di bawah naungan Lionsgate Entertainment.

Kisah hidup Afro samurai pertama yang bertugas di bawah kekuasaan Oda Nobunaga selama abad ke-14 tersebut bisa menjadi kisah menarik dalam adaptasi film aksi. Film yang akan berjudul Black Samurai tersebut masih belum diketahui bagaimana kabar lebih jauh, termasuk tanggal rilis dan siapa pemeran untuk film ini.

Meski masih sangat sedikit informasi dan catatan sejarah yang diketahui tentang samurai berkulit hitam yang satu ini, Yasuke diduga adalah seorang pria Muslim yang berasal dari Mozambik, Portugal, Angola atau Ethiopia. Kedatangannya di Jepang telah membuat banyak orang kagum oleh kehadirannya dan menyebabkan keributan ke mana saja ia pergi. Berbeda dengan saat ini, ia menjadi orang kulit hitam pertama yang pernah dilihat di Jepang pada saat itu.

Dikabarkan jika panglima perang Nobunaga yang juga kagum padanya kemudian tak ragu untuk membawa Yasuke dan akhirnya menjadikannya sebagai salah satu prajurit handal. Ia menjadi berharga juga karena warna kulitnya tersebut.

Embed from Getty Images

Samurai Kulit Hitam yang ditakdirkan jadi bagian sejarah Jepang

Sementara itu, penulis naskah film Black Samurai, Gregory Widen, ikut mengomentari soal film ini melalui nextshark.com, “Black Samurai sendiri didasari pada kisah nyata seorang pria Afrika yang melakukan perjalanannya ke Jepang dengan latar belakang cerita yang saling bertentangan.”

“Cerita yang saya pilih sendiri adalah bahwa dirinya (Yasuke) merupakan seorang prajurit budak setelah jatuhnya kerajaan Abysinnian Bengal di Ethiopia. Ia kemudia dijual ke perbudakan dan kemudian dirawat oleh seorang misionaris Italia bernama Alessandro Valignano.”

“Yasuke dan Alessandro Valignano lalu membentuk ikatan, dan ketika terjadi komplikasi di Roma, Alessandro dikirim ke Jepang dan ikut membawa Yasuke bersamanya.”

“Di Jepang, Alessandro lants bertemu dengan Oda Nobunaga, yang langsung tertarik dalam segala hal tentang dunia Barat, dan melalui serangkaian kejadian aneh, Jesuit itu lalu meninggalkan Yasuke dengan panglima perang tersebut,” pungkasnya mengakhiri bocoran cerita yang akan diangkat ke layar lebar itu. Awan Jakarta. YPWS.