Pengacara Akui Setya Novanto Punya Dua Jam Tangan Richard Mille

Pengacara Setya Novanto mengakui jika sang klien mempunyai dua jam tangan mewah Richard Mille. Hal ini ikut menjadi sorotan tersendiri. Pic: Ilustrasi. hypebeast
Pengacara Setya Novanto mengakui jika sang klien mempunyai dua jam tangan mewah Richard Mille. Hal ini ikut menjadi sorotan tersendiri. Pic: Ilustrasi. hypebeast

Pengacara Setya Novanto, Maqdir Ismail, telah menyebutkan jika kliennya tersebut memang memiliki dua jam tangan bermerek Richard Mille. Menurut Maqdir lagi, sepasang jam tangan mewah itu masih disimpan oleh Setya Novanto.

“Dia ( Setya Novanto) punya sendiri. Ada dua begitu (jam tangan mewahnya), yang dia punya ada dua,” ujar Maqdir seusai menjadi pembicara dalam diskusi Polemik di Cikini, Jakarta, Sabtu (16/12/2017).

Sebelumnya lagi, Setya Novanto telah didakwa menerima uang senilai 7,3 juta dollar Amerika Serikat oleh jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dalam dakwaan juga, Setya Novanto disebut menerima sebuah jam mewah merek Richard Mille tipe RM 011 seharga 135.000 dollar AS.

Menurut jaksa sendiri, jam tangan yang harganya sekitar Rp 1,3 miliar itu telah diberikan oleh seorang pengusaha bernama Andi Agustinus alias Andi Narogong dan Johannes Marliem. Pemberian itu diklaim sebagai ucapan terima kasih karena telah meloloskan anggaran proyek e-KTP di DPR RI.

Setya Novanto masih punya dua jam tangan Richard Mille lagi

Keterangan jaksa tersebut diakui sendiri oleh Andi Narogong yang sudah lebih dulu didakwa dalam Pengadilan Tindak Pidana Korupsi. Menurut Andi Narogong pada awal tahun 2017 silam, Setya Novanto sempat mengembalikan jam mewah mahal itu kepada dirinya.

Pada saat itu menurut Andi Narogong lagi, kasus korupsi yang diduga melibatkan sosok Setya Novanto sudah mulai ramai heboh dibicarakan oleh publik di Tanah Air. Pada saat ditanya soal pengembalian jam tangan, Maqdir tidak dapat memastikan soal hal tersebut. Namun, menurut pengakuan Setya Novanto selaku klien yang ia tangani, setidaknya masih ada dua aksesoris mewah tersebut yang ia simpan.

“Saya tidak tahu ada yang dikembalikan, tapi yang saya tahu dari keterangan Beliau (Setya Novanto), dia memang punya dua dan itu juga masih ada,” pungkas Maqdir.

Jam tangan sendiri masih merupakan salah satu item fashion yang eksistensinya di dunia cukup banyak digemari baik kaum pria maupun wanita. Beragam merek jam tangan bersaing untuk mendapatkan perhatian sendiri di mata dunia.

Salah satu merek jam tangan yang menjadi sorotan dunia, termasuk di Indonesia karena kasus ini, adalah produk merek Richard Mille. Jam tangan ini sendiri sudah terkenal akan harganya yang sangat mahal. Berbasis di Swiss namun berasal dari perusahaan jam di Paris. Nama merek ini diambil dari nama sang pendirinya perusahaan yaitu Richard Mille.

Sosok Richard Mille sudah mendirikan perusahaannya pada tahun 1999 dimana ia bekerjasama dengan Audemars Piguet. Sebelumnya memang Richard Mille ini telah bekerja di perusahaan lokal seperti Finhor tahun 1974 dan Marta tahun 1981. Produk pertamanya dijual pada tahun 2001 yang diberi nama RM001. Hingga kini produknya sudah menjadi salah satu pelengkap wajib gaya kelas atas yang diakui. Awan Jakarta. YPWS.