Tempat Membeli Tiket Kereta Api Online Selain Lewat Loket Stasiun

Tempat Membeli Tiket Kereta Api Online Selain Lewat Loket Stasiun
Tempat Membeli Tiket Kereta Api Online Selain Lewat Loket Stasiun

Berita Nasional Terkini: Kian banyak masyarakat yang tidak kebagian tiket kereta api online untuk pemberangkatan pada mulai H-7 untuk tujuan Lebaran 2015. Ada tempat membeli tiket kereta api online selain lewat loket stasiun.

Mereka yang memutuskan mengantre di stasiun online memang lebih banyak yang kecewa ketimbang pemesan lewat jalur dunia maya. Pengantre tiket di stasiun harus rela menunggu loket buka di pagi hari. Sementara untuk pemesan lewat situs KAI atau piranti online lainnya, sudah bisa memesan sejak pukul 00.00 waktu setempat.

Demi menghindari berebutan tiket kereta api Lebaran ini optimal, sangat disarankan melalui situs internet. Ketersediaan tiket dan tempat duduk bisa dipantau setiap saat. Bahkan, dari jalur ini pun banyak tiket yang telah terpesan yang akhirnya berujung pada habisnya tiket kereta di pagi hari untuk tujuan hari tertentu. Tiket kereta bisa dibeli 90 hari sebelum hari pemberangkatan.

Alternatif tempat pembelian

PT Kereta Api Indonesia (KAI) memang telah menyediakan situs reservasi tersendiri. Namun jika pengguna situs tersebut padat dan menjadi lambat untuk diakses, Anda bisa menggunakan layanan dari penyedia jasa tiket lainnya yang telah bekerjasama dengan PT KAI. Beberapa di antaranya adalah kantor pos terdekat, minimarket Alfamart dan Indomaret, hingga agen travel.

Jika secara online, Anda dapat masuk ke situs seperti Tiket.com atau Padicity. Pemilik smartphone Android dan Blackberry pun bisa mengunduh aplikasi pemesanan tiket kereta api yang dirilis situs tersebut termasuk aplikasi KAI Access milik PT KAI.

“Ticketing melalui jaringan online bisa dilakukan melalui channel-channel eksternal yang sudah bekerja sama dengan PT KAI, tidak selalu harus melalui situs PT KAI,” jelas Bambang Setiyo Prayitno, Kepala Humas PT KAI Daops I Jakarta, sesuai rilis Tempo.

Ketika melakukan pemesanan tiket kereta api online, harus dipastikan nama penumpang yang didaftarkan sudah sesuai dengan nama yang tertera pada kartu identitas diri (KTP atau SIM) yang bersangkutan. Ketidaksesuaian nama dengan kartu identitas diri menyebabkan tidak diperbolehkannya penumpang naik ke dalam kereta. Awan Jakarta. YPWS.