Ternyata Ini Koper yang Bisa Melaju 20 Km/Jam

- Ternyata Ini Koper yang Bisa Melaju 20 Km/Jam
Kayaknya asik juga kalo punya nih ^_^ (C) BBC

awanjakarta – Bagi kebanyakan orang, yang namanya koper jelas bentuk kotak dan hanya digunakan untuk membawa barang-barang. Membawanya biasa dijinjing atau dibawa santai karena punya roda kecil di bawahnya. Namun kini ada yang beda sendiri. Ternyata inilah koper yang bisa melaju 20 Km/Jam.

Ya, seorang petani di Provinsi Hunan China bernama He Liang datang menawarkan konsep “transportasi dengan bagasi” temuannya, berupa koper bermesin kecil dengan tiga roda di dalam koper itu. Dua roda di bagian belakang dengan as penggerak dan satu roda di depan sebagai roda kemudi.

Bila dilihat bentuk kopernya biasa saja, tetap empat persegi panjang dengan ukuran wajar bagi keperluan sekitar satu pekan bepergian, yang berbeda dari sisi tampilan luar adalah roda-roda kecil di bagian bawah alias alas koper khusus itu.

Akibat aksi kreatif temuannya itu, He Liang langsung meraih perhatian banyak media massa internasional layaknya Reuters, the Guardian dan BBC Inggris, Toronto News, China Topix, Getty Images, hingga laman YouTube pun ikut menayangkan koper itu.

Hanya duduk di atas koper, pegang setirnya, dan mainkan tuas tenaganya, maka koper bermotor listrik itu akan mampu membawa Anda hingga kecepatan 20 kilometer perjam sejauh 60 kilometer tanpa perlu diisi ulang lagi baterai lithium ion-nya.

He memikirkan dan merancang koper khususnya itu sejak 10 tahun lalu. Dia terinspirasi taksi di perkotaan, sehingga koper khusus yang belum diberinya nama akan memadukan berkendara dengan sekaligus membawa jinjingan yang cukup besar.

Koper itu, menurut He Liang, mampu membawa dua orang dewasa bersamaan duduk di atasnya sambil melaju.

Koper yang dia buat itu tetap mampu membawa barang-barang bawaan Anda walau berat kosongnya bisa mencapai tujuh kilogram. Umumnya penerbangan di Amerika Serikat saat ini, bagasi cuma-cuma bagi penerbangan internasional adalah 25 kilogram secara total.

Akan tetapi, kegunaan koper itu bukan cuma di dalam lingkungan bandar udara saja, melainkan bisa juga dipakai di lingkungan yang lain.

Uniknya, He juga sudah menyiapkan kopernya dilengkapi keping pemantau yang dapat diakses menggunakan alat pemindai posisi global (GPS). Dengan kata lain, sang pemilik dapat segera mengetahui di mana “koper ajaib”-nya berada menggunakan GPS.

He Liang selanjutnya mulai berharap bila koper khususnya itu bisa segera menggelinding secara massal. Kalau sudah begitu, tinggal masalah regulasi transportasi darat setempat yang akan dihadapinya. YLWS.