Cara Agar Tidak Keracunan Saat Memanaskan Mobil

8
Cara Agar Tidak Keracunan Saat Memanaskan Mobil

Memanaskan mobil sendiri adalah hal yang wajib dilakukan sebelum kita berkendara dan biasanya dilakukan pada pagi hari. Hal ini termasuk langkah yang harus dilakukan agar mesin dapat bekerja secara optimal saat berkendara.

Ritual ini memang sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau pada saat mesin mobil masih benar-benar dingin. Soal durasi berapa lamanya, masih banyak yang terlalu kelamaan saat melakukan kegiatan yang satu ini.

Masih banyak yang salah kaprah saat memanaskan mesin mobil kesayangan mereka. Bukan hanya salah paham biasa, namun cenderung bisa membahayakan kesehatan diri sendiri dan orang-orang tercinta mereka.

Pada saat Anda memanaskan mobil, gas buang yang dikeluarkan dari knalpot mobil adalah merupakan hasil sisa pembakaran yang mengandung CO (carbon monoksida), HC (hydro carbon), Nox (nitrogen oksida), dan kandungan gas lainnya. Semua kandungan sisa itu dapat membahayakan kesehatan manusia.

Semua gas buang yang keluar dari knalpot juga sangat mudah tercampur dengan udara sekitarnya. Pada saat Anda memanaskan mobil terlalu lama, maka gas buang yang tercampur ke udara juga otomatis akan semakin banyak.

Embed from Getty Images

Demi bisa tetap menjaga udara di dalam rumah tetap sehat dan bebas dari racun knalpot mobil, maka lakukanlah beberapa hal yang berhubungan dengan memanaskan mobil berikut ini:

  1. Memanaskan mobil tidak harus lama-lama, cukup lakukan 2-3 menit saja. Untuk kondisi mesin mobil saat ini sendiri juga sudah tergolong canggih, hingga cenderung lebih cepat untuk dapat mencapai suhu idealnya.
  2. Memanaskan mobil sebaiknya di ruang terbuka. Jika mobil di parkir pada garasi yang masih tertutup, maka sebaiknya garasi tersebut di buka dahulu agar sirkulasi udaranya lebih baik untuk mengeluarkan gas buang yang berasal dari knalpot.
  3. Arahkan ujung knalpot ke udara bebas saat mesin sedang dipanaskan. Hal ini agar gas buang tidak masuk ke dalam rumah. Hal ini dimaksudkan agar gas buang yang keluar dari knalpot tersebut, bisa langsung menuju udara bebas hingga tak mencemari seisi rumah atau ruangan terdekat.
  4. Hindari menginjak atau menggeber gas saat memanaskan mobil. Kenapa? karena dengan putaran idle saja sudah cukup untuk kondisi yang ingin dicapai. Putaran tinggi pada rpm mesin malah bisa menambah banyaknya gas buang yang di keluarkan dari knalpot.

Demikian informasi kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi Anda. Kepedulian pada kendaraan yang dimiliki bisa ikut memperpanjang usia pakainya. Rawatlah mobil kesayangan Anda dengan baik. Awan Jakarta. YPWS.