Tips Menabung Di Masa Pandemi Covid 19 Yang Mudah Dilakukan

Tips Menabung Di Masa Pandemi Covid 19 Yang Mudah Dilakukan

Awanjakarta.com – Tips menabung saat masa pandemi Covid 19 masih mengganggu perlu untuk Anda ketahui. Diharapkan keuangan Anda akan tetap bertahan hingga nantinya masalah ini mereda di seantero dunia.

Sikap pengggunaan uang yang tidak terkendali sebelum virus corona merajalela bisa membuat runyam ekonomi Anda. Beberapa pengeluaran kecil seperti membeli secangkir kopi di kafe bisa menjadi masalah dan perlu direm untuk sementara waktu.

Pandemi virus corona membuat ekonomi dunia kembang kempis, termasuk melanda Indonesia. Pemutusan hubungan kerja semakin merebak saat pedagang juga mengalami penurunan omset penjualan. Dalam situasi seperti ini perlu bijak dalam mengelola keuangan jika tidak ingin lebih kesulitan lagi. Perlu tips menabung yang mumpuni.

Berikut tips menabung dalam masa pandemi Covid 19:

  • Paksakan melunasi semua utang.
  • Harus punya tujuan.
  • Jangan tunda menabung.
  • Bedakan antara keinginan dengan kebutuhan.
  • Bawa bekal jika harus bekerja ke kantor.
  • Stop pengeluaran sepele.

Paksakan melunasi semua utang. Ya, sebelum menabung atau meneruskan upaya menabung di masa pandemi sebaiknya Anda paksakan diri untuk melunasi semua utang yang ada. Jika semua utang bisa dilunasi, Anda akan lebih tenang dan fokus dalam mengalokasikan anggaran untuk menabung.

Periksa jumlah uang tunai yang Anda miliki terlebih dahulu. Setelah mengetahui total jumlah uang yang dimiliki, bandingkan semua beban utang yang perlu dilunasi. Bayar atau lunasi utang yang berjumlah kecil terlebih dahulu.

Harus punya tujuan. Jika Anda selama ini tidak memiliki tujuan jangka panjang dalam hidup, segera buat tujuan atau impian tersebut. Tidak punya tujuan hidup akan membuat Anda tidak memiliki tekad kuat untuk menabung. Buat target yang ingin dipenuhi agar lebih termotivasi lagi dalam menyisihkan keuangan.

Jangan tunda menabung. Saat menerima gaji atau keuntungan penjualan bagi yang berdagang, segera pisahkan sebagian uang untuk ditabung. Tentukan berapa besaran jumlah uang yang akan dimasukkan ke dalam tabungan Anda. Mau banyak atau sedikit, tetap lebih baik daripada Anda tergoda untuk langsung menghamburkan uang tersebut di awal waktu.

Bedakan antara keinginan dengan kebutuhan. Setelah menyisihkan uang untuk ditabung, lakukan pencatatan pengeluaran yang ketat. Tentukan apa yang menjadi prioritas untuk kebutuhan Anda dan jangan sampai kalah dengan keinginan. Saat berbelanja, baik di pusat perbelanjaan maupun melalui fasilitas daring, adakalanya Anda membeli barang yang sejatinya tidak terlalu penting. Hindari hal seperti ini.

Bawa bekal jika harus bekerja ke kantor. Beberapa perusahaan tetap mewajibkan pekerja mereka untuk datang ke kantor dalam beberapa hari dalam sepekan di masa pandemi seperti saat ini. Untuk menghemat pengeluaran, bawalah bekal sendiri dari rumah. Selisih biaya antara belanja makanan di kantor dengan masak sendiri bisa cukup besar.

Stop pengeluaran sepele. Beli minum di kafe, langganan TV berbayar, video atau song streaming, make-up, aksesori dan belanja untuk hobi meski kadang sepele namun bisa membuat Anda gagal menabung. Masih lebih hemat menyeduh kopi sendiri di rumah atau di kantor daripada di cafe. Selisih uangnya bisa Anda tabung demi mengejar target jangka panjang. YPWS.