TVRI Sebagai Cikal Bakal TV di Indonesia

TVRI Sebagai Cikal Bakal TV di Indonesia
Keberadaan TVRI tak dapat dilepaskan dari sejarah pertelevisian di Indonesia. (c) en.tempo.co

 

Awanjakarta – TVRI sebagai cikal bakal TV di Indonesia.Di Indonesia, industri televisi sudah dimulai kira-kira sejak 1962. Sejarahnya sendiri dimulai saat presiden Indonesia pertama, Soekarno, yang pada waktu itu berada di Wina, Swiss, mengirim teleks kepada Menteri Penerangan yang saat itu dijabat oleh Maladi pada 23 Oktober 1961.

Presiden Soekarno memerintah menterinya itu untuk segera menyiapkan proyek pengadaan saluran TV di negeri ini. Maka sejak saat itulah lahir sebuah stasiun kebanggaan bangsa ini yang diberi nama TVRI (Televisi Republik Indonesia). Stasiun ini yang merupakan stasiun televisi pertama yang berdiri di Indonesia.

Dalam siaran percobaan pertamanya, TVRI menggunakan pemancar cadangan dengan kekuatan 100 watt pada 17 Agustus 1962. Dan untuk pertama kalinya TVRI mengudara secara resmi pada 24 Agustus 1962. Saat itu, siaran pertamanya adalah acara siaran langsung upacara pembukaan Asian Games IV dari stadion utama Senayan Jakarta (sekarang bernama Gelora Bung Karno).

Kehadiran TVRI sebagai stasiun TV pertama di Indonesia memberi dampak berkelanjutan dengan dirintisnya pembangunan stasiun televisi daerah (STD) di akhir 1964.

Setelah itu menyusul pembentukan stasiun-stasiun produksi keliling (SPK) di berbagai provinsi pada 1977. Stasiun produksi keliling ini ditujukan sebagai bagian dari aktivitas produksi dan perekam paket acara untuk dikirim dan disiarkan oleh stasiun pusat TVRI di Jakarta.

Seiring dengan makin berkembangnya teknologi dan majunya peradaban sebuah bangsa, menuntut adanya pemigrasian sistem kepenyiaran TV dari sistem penyiaran analog menjadi digital. Teknologi ini mulai dikembangkan di Indonesia pada 1990. Dan untuk pertama kalinya diujicoba tahun 2000 dengan pengoperasian dilakukan secara bersama dengan siaran analog sebagai masa peralihan. Di 2006, barulah beberapa pelaku bisnis pertelevisian Indonesia mulai melakukan sebuah uji coba siaran TV digital. YLWS.