Valentino Rossi Jelaskan Makna 2 Ritual Unik Sebelum Balapan

32
Valentino Rossi Jelaskan Makna 2 Ritual Unik Sebelum Balapan
Valentino Rossi Jelaskan Makna 2 Ritual Unik Sebelum Balapan

Awanjakarta.com – Valentino Rossi akhirnya menjelaskan apa makna 2 ritual Unik yang kerap ia lakukan sebelum balapan. Kini tak menjadi misteri lagi bagi semua pihak.

Sampai sekarang, masih ada saja pihak yang dibuat penasaran dengan polah tingkah sosok Valentino Rossi sebelum ia menjalani balapan. Juara dunia tujuh kali berambut kriting tersebut memang dikenal punya setidaknya 2 ritual khusus sebelum menggeber motor di lintasan MotoGP.

Yang ikut membuat para penggemar MotoGP masih penasaran adalah mengapa Valentino Rossi masih sering mengecek motornya sambil duduk jongkok. Pembalap Yamaha itu lantas dengan sumringah memberikan penjelasan sederhananya.

“Kebiasaan ini adalah hal yang sudah saya mulai sejak awal karier saya, mungkin ya sudah 30-40 tahun yang lalulah,” ujar Rossi dengan gaya ceplas-ceplos khasnya melalui Speedweek.

Bukan hanya ritual mengecek dan berdoa sebelum menaiki motornya saja ia lakukan. Penggemar juga ternyata masih tertarik untuk menanyakan kebiasaan nyeleneh Rossi yang selalu membenahi baju balap (wearpack) yang dikenakannya pada bagian bokong alias bemper belakangnya.

Secara sadar atau tidak disadari Rossi, ia memang seringkali tertangkap kamera tengah membenahi baju balapnya saat dia tidak merasa nyaman baik sebelum maupun saat berada di atas motor. Inilah yang selalu menarik perhatian penggemar MotoGP saat menyaksikan The Doctor tampil adu cepat dilintasan balap.

“Pada awalnya sih, baju balap saja bukan ukuran yang sempurna atau tidak dibuat khusus begitu, jadi saya selalu meletakkan kulitnya pada posisi yang tepat. Maka saya terus melakukannya sampai sekarang. Ini adalah ritual saya untuk konsentrasi,” pungkas Rossi.

Valentino Rossi berpeluang digantikan Zarco

Sementara itu Meski belum diputuskan, Valentino Rossi hampir dipastikan harus absen dalam balapan MotoGP San Marino 2017 di Sirkuit Misano, Minggu (10/09/2017). Bisa dimaklumin jika hal itu karena sang rider masih harus menjalani proses pemulihan pasca operasi.

Rossi sendiri sudah pernah alami kecelakaan di luar lintasan MotoGP. Sebelum seri MotoGP Italia 2017 di Sirkuit Mugello, ia juga pernah sempat kecelakaan saat berlatih motorcross di sirkuit miliknya. Ia memang termasuk penggemar olahraga motorcross dan balap mobil juga.

Sementara untuk cedera kali ini memang sangat tidak tepat waktunya. Pembalap Movistar Yamaha itu dalam kondisi harus berjuang maksimal untuk memperebutkan gelar juara dunia MotoGP 2017 kali ini.

Rossi sendiri masih berada di urutan keempat dengan 157 poin atau 26 poin di belakang pimpinan klasemen MotoGP 2017, Andrea Dovizioso yang punya 183 poin. Jika nantinya memang harus absen di Misano, Rossi harus siap-siap untuk melupakan peluang juaranya.

Movistar Yamaha terpaksa harus bersiap menunjuk pembalap yang akan menjadi penggantinya. Movistar Yamaha kini sepertinya tidak akan mengambil risiko menunjuk pembalap pengujinya sebagai pengganti sang bintang sirkuit. Di klasemen konstruktor, Yamaha hanya unggul tujuh poin saja atas Honda. Di klasemen tim, Movistar Yamaha juga hanya unggul lima poin atas Repsol Honda.

Belakangan, diprediksi pihak Yamaha akan mendaulat sosok Johann Zarco, pembalap Yamaha Tech 3, untuk menggantikan posisi Rossi meski kecil peluangnya. Movistar dan Tech 3 sendiri punya sponsor yang sama, yakni Monster.

“Anda bisa membayangkan sekarang jika tidak ada diskusi sejauh ini (untuk pengganti Rossi). Itu sangat sulit dibayangkan. Mari kita tunggu sajalah,” ujar kepala mekanik Tech 3, Herve Poncharal, saat ditanya Speedweek. YPWS.