Mengenal Beragam Hantu dan Setan Dari Jepang

192
Hantu Dan Setan Jepang
Hantu Dan Setan Jepang

Awanjakarta.com – Indonesia dan Jepang memiliki beragam kisah dan legenda hantu dan setan masing-masing yang telah menjadi bagian dari budaya. Bila kita telah tahu ragamnya di tanah air, kini awanjakarta akan mengajak pembaca untuk mengenal ragam Setan Dari Jepang.

Sebagai negara dengan sejarah budaya yang panjang, Jepang memang punya banyak sekali legenda urban. Pastinya menyeramkan. Misalnya kisah tentang puisi kematian Tomino, dan masih ada beberapa cerita lain yang telah dibukukan dan isinya bisa membuat bulu kuduk kita merinding disko tralala ulalabeibe.

Salah satu buku yang terkenal dalam membahas hantu dan setan dari Jepang adalah JAPANESE GHOST and DEMONS, karya Akira Yamamoto dan Stephen Addiss, terbitan 1985, ISBN 8-80761126-3.

Buku setebal 192 halaman ini berisi sekitar 100 gambar dan ilustrasi hantu dan setan yang ada dalam budaya Jepang. Setiap gambar diberikan penjelasan cerita dan sejarah yang dijelaskan oleh Akira Yamamoto secara ringkas. Tidak selalu mengenai hantu dan setan, buku ini juga menyisipkan sejarah pemburu hantu dan kisah orang suci yang diyakini abadi.

Didalam bab pertama, membahas tentang Hyakki Yako (parade malam ribuan setan) yang sangat popular selama periode Heian dan beragam versi penuturannya masih ada hingga saat ini.

Bab kedua membahas Yurei (macam-macam cerita hantu perempuan). Bab ini mencakup beberapa cerita terkenal tentang hantu perempuan dari orang yang meninggal karena menjadi korban kejahatan kemudian bangkit lagi untuk membalas dendam.

Bab ketiga membahas setan laki-laki yang kerap muncul di panggung theater Kabuki (drama tradisional Jepang), yang bernama Ukiyo-e. Ukiyo-e sendiri sejatinya merupakan bentuk seni lukisan di kertas dan sering dinamakan lukisan dari dunia yang mengambang.

Bab empat tentang Sennin, Taoisme yang abadi. Kepercayaan tentang Sennin bermula di Cina diantara tahun 221 hingga 480 sebelum Masehi. Ide Taoist ini kemudian dicampurkan dengan kepercayaan Confucianism dan Buddhist serta disebarkan hingga ke Jepang. Salah satu anime yang ikut mengangkat Sennin adalah TWELVE KINGDOMS.

Bab lima membahas Shoki sang pemburu setan. Shoki adalah legenda asal Cina yang menyelamatkan kekaisaran Kao-tsu dari gangguan setan. Usai menyelamatkan kekaisaran, ia mendedikasikan hidupnya untuk melawan semua gangguan setan didunia. Cerita ini kemudian tersebar hingga ada dalam versi Jepang dan menjadi basis dari banyak kisah para pemburu hantu dan setan.

Bab enam membahas Oni atau setan Jepang. Banyak anime Jepang yang menjadikan Oni sebagai salah satu karakter didalamnya. Setan ini sendiri digambarkan bisa baik, namun terkadang bisa jahat dan mampu berpindah-pindah alam. Manusia yang sering dilanda kesialan kerap memancing kehadirannya daripada yang sering beruntung dalam kehidupannya.

Bab tujuh hingga Sembilan lebih membahas Tengu (setan pegunungan), Tanuki (sejenis rakun dan anjing), Kitsune (rubah), ular, dan bagaimana semua makhluk tersebut bisa mengisi cerita rakyat. Salah satu anime terkenal yang membahas jenis setan rubah ini adalah Inu Yasha yang bisa berubah bentuk menjadi perempuan untuk menggoda atau mempermainkan orang lain. Namun terkadang dirinya bisa berbuat baik untuk orang yang telah melakukan kebaikan.

Bab terakhir membahas tentang pencampuran karakter hewan dengan manusia. Dalam beberapa kasus, manusia bisa mendeskripsikan perilakunya bagaikan binatang.

7 Setan dan Hantu Jepang yang terkenal hingga saat ini:

Diantara banyaknya kisah rakyat yang membahas setan dan hantu dari Jepang, ada tak kurang tujuh diantaranya yang sangat terkenal hingga saat ini. Mereka adalah:

Featured - Mengenal Beragam Hantu dan Setan Dari Jepang
Hanako San

1. Hanako-San.

Kisah Hanako adalah yang paling populer di antara legenda horor lainnya di Jepang. Hanako-San adalah wanita kecil yang menghantui toilet perempuan di sekolah.

Kabarnya Hanako-san bisa ‘dipanggil’ dengan cara mengetuk pintu toilet tiga kali sambil bertanya “Apakah kamu di sini, Hanako-san?”. Jika ada jawaban dengan suara misterius, maka dalam bilik toilet tersebut akan muncul seorang gadis dengan rok merah atau pakaian serba putih.

Ada banyak versi dan cerita tentang sejarah Hanako-san. Ada yang menyebutkan bahwa ia dulunya adalah murid korban bullying di sekolah, namun ada juga yang mengatakan bahwa ia adalah korban pengeboman sekolah ketika Perang Dunia II saat sedang bermain petak umpet.

Featured - Mengenal Beragam Hantu dan Setan Dari Jepang
Kuchisake Onna

2. Kuchisake Onna.

Biasanya kalau kita flu kadang kita memakai masker agar tak menular pada orang lain. Atau saat ini masih tren di Jakarta untuk memakai masker saat diperjalanan. Tapi hati-hati kalau kamu di Jepang,  dan bertemu seorang perempuan mengenakan masker di malam hari, bisa jadi ia adalah Kuchisake Onna.

Pengakuan dari beberapa penduduk adalah Kuchisake Onna sering muncul di jalanan sepi dan bertanya pada orang yang ada di hadapannya apakah dia cantik. Bila orang tersebut menjawab iya, Kuchisake Onna akan melepas maskernya dan bertanya lagi: “Meskipun begini?” sambil memperlihatkan luka robek di sepanjang mulutnya hingga mendekati kedua telinga. Jika orang yang ditemui menjawab tidak, maka Kuchisake Onna akan segera membunuh korbannya dengan gunting yang selalu ia bawa.

Ada dua versi cerita tentang sejarah munculnya hantu Kuchisake Onna. Versi yang paling populer menyebutkan bahwa dulunya ia adalah seorang selir samurai yang sangat cantik namun gemar berselingkuh. Ketika perselingkuhannya terungkap, suaminya sangat marah dan melukai wajah Kuchisake Onna dari telinga ke telinga sebelahnya.

Versi lainnya menyebutkan bahwa ia adalah korban malpraktek dari seorang dokter yang hendak mengoperasinya. Saat itu ia dibius menggunakan minyak yang berbau menyengat. Ketika sedang operasi, ia tidak bisa tenang karena bau yang menyengat tersebut lalu secara tidak sengaja sang dokter merobek mulutnya menggunakan pisau bedah.

Featured - Mengenal Beragam Hantu dan Setan Dari Jepang
Kashima Reiko

3. Kashima Reiko.

Legenda horor Kashima Reiko sangat populer di daerah Hokkaido (北海道). Ia berwujud perempuan dengan dua badan yang terpisah di bagian pinggang.

Dikisahkan pada suatu malam Kashima Reiko diganggu oleh segerombolan pria. Kashima Reiko berteriak minta tolong namun tak ada yang mendengar. Ia lalu merangkak hingga tak sadarkan diri di sebuah rel kereta api hingga kereta datang. Naas, ia tak sanggup menghindar dan kereta sukses membelah badannya menjadi dua bagian.

Sejak itu, Kashima Reiko terkenal mejadi legenda urban tentang seorang perempuan yang mencari bagian tubuhnya yang lain. Hantu ini sering diceritakan muncul di kamar mandi sekolah dan gedung perkantoran sekitar Hokkaido.

Featured - Mengenal Beragam Hantu dan Setan Dari Jepang
Aka Manto

4. Aka Manto.

Aka Manto sendiri mempunyai arti yaitu Jubah Merah. Ia adalah sosok hantu pria yang kabarnya sering bergentayangan di kamar mandi perempuan dengan mengenakan jubah merah dan sebuah topeng untuk menutupi wajahnya yang tampan.

Kemunculannya ditandai dengan suara misterius yang bertanya pada pengunjung toilet apakah ia ingin kertas warna merah atau biru. Jika pengunjung toilet memilih warna merah, maka ia akan dibunuh dengan kejam, sedangkan jika memilih warna biru, Aka Manto akan datang mencekik korban hingga kulit korban berubah menjadi pucat kebiruan karena kehabisan napas.

Featured - Mengenal Beragam Hantu dan Setan Dari Jepang
Himuro Mansion

 

5. Himuro Mansion.

Kamu pernah bermain video game Fatal Frame? Kalau ya, pasti tidak asing lagi dengan kisah Himuro Mansion. Karena game tersebut diambil dari kisah nyata Himuro Mansion.

Himuro Mansion adalah sebuah rumah tradisional Jepang yang memiliki luas cukup besar dan terletak di area terjal berbatuan di perbatasan Tokyo. Tempat ini menjadi terkenal karena pernah terjadi pembantaian besar-besaran di sana.

Dikisahkan, keluarga besar Himuro adalah penganut aliran Shinto kuno yang sangat taat.  Salah satu ritual yang masih dijalankan adalah The Strangling Ritual yang bertujuan untuk melindungi keluarga Himuro dari karma buruk. Tradisi ini dilakukan setiap 50 tahun sekali dengan cara memilih bayi perempuan dari keluarga untuk dibesarkan secara diam-diam dan diisolasi dari dunia luar.

Ketika ritual dijalankan, anak perempuan ini digiring keluar dari tempat persembunyiannya dengan leher, tangan dan kaki terikat pada sekawanan sapi atau kuda yang akan menarik tubuhnya.

Suatu saat, dalam sebuah cerita setempat disebutkan bahwa anak perempuan ini jatuh cinta pada pria yang menyelamatkannya dari ritual mematikan ini. Mengetahui hal ini, kepala keluarga Himuro saat itu segera mengambil pedang dan membunuh semua anggota keluarganya secara brutal.

Featured - Mengenal Beragam Hantu dan Setan Dari Jepang
Nopperabou

6. Nopperabou.

Nopperabou yang artinya Hantu Muka Rata adalah salah satu legenda urban yang paling tua di Jepang. Wujudnya sama seperti manusia biasa, hanya saja wajahnya rata tanpa mata, hidung dan bibir.

Ia sering muncul tiba-tiba lalu berbicara dengan ramah terhadap orang lain. Awalnya lawan bicaranya tidak menyadari jika ia sedang berbicara dengan Nopperabou. Ketika lawan bicaranya lengah, Nopperabou segera menunjukkan wajahnya yang rata dan membuat lawan bicaranya lari pontang-panting.

Featured - Mengenal Beragam Hantu dan Setan Dari Jepang
Rokurokubi

7. Rokurokubi.

Sama seperti Nopperabou, Rokurokubi adalah salah satu legenda urban yang telah berusia ribuan tahun. Rokurokubi adalah siluman perempuan yang dikutuk karena melanggar karma Budha.

Di siang hari, ia tampil sama seperti manusia biasa, sedangkan di malam hari ia berubah menjadi perempuan yang dapat mengulur lehernya hingga sangat panjang dan mengubah wajahnya menjadi sosok yang menyeramkan.

Menurut kisahnya, Rokurokubi dapat hidup bersama manusia biasa dan berpura-pura hidup normal seperti manusia lainnya. YPWS.