Kenapa Saat Dewasa Sahabat Semakin Sedikit Daripada Masa Kecil?

32
Kenapa Saat Dewasa Sahabat Semakin Sedikit Daripada Masa Kecil
Kenapa Saat Dewasa Sahabat Semakin Sedikit Daripada Masa Kecil

Awanjakarta.com – Terkadang masih ada yang bertanya: Kenapa Saat Dewasa Sahabat Semakin Sedikit Daripada Masa Kecil? Ternyata hal tersebut sudah ada jawabannya yang cukup menarik.

Yang namanya sahabat memang merupakan orang penting yang tahu sebagian besar kehidupan kita. Saat sekolah dulu, jelas setiap orang dapat menjadi sahabat kita (kecuali Anda anti sosial). Lantas mengapa saat dewasa, malah semakin sedikit sahabat di samping kita? Laman lifehack.org, Selasa (29/08/2017) telah membeberkan jawabannya.

Berikut jawaban dari pertanyaan Kenapa Saat Dewasa Sahabat Semakin Sedikit Daripada Masa Kecil?:

Tidak adanya prinsip yang sama

Banyak sahabat bisa bertahan lama biasanya karena sebuah prinsip yang sama dan juga rahasia yang dijaga bersama-sama. Prinsip seperti ini hanya Anda dan sahabat saja yang mengetahuinya. Hal ini jelas sangat penting untuk melewati kehidupan yang sulit dengan saling membantu satu sama lain. Hal itu kerap tak ditemui lagi saat dewasa.

Bersahabat dengan orang yang salah saat dewasa

Banyak yang datang dan pergi dalam kehidupan kita. Ternyata hal yang serupa juga terjadi dalam persahabatan yang datang dan pergi. Coba ingat seperti apa sahabat pertama di sekolah, pasti orang tersebut menjadi sahabat karena keadaan yang sama. Saat dewasa, orang kerap bersahabat dengan orang yang salah.

Kesamaan yang semakin sedikit saat ini

Menjadi seorang sahabatan membutuhkan kesamaan. Bila saat masih di masa sekolah dulu, seorang teman dari tim bola atau band yang sama bisa menjadi sahabat, berbeda di saat dewasa. Sahabat di kala tidak anak-anak lagi seperti saat ini lebih membutuhkan banyak pengalaman yang sama dan menghadapi kejadian yang sama juga.

Faktor pengikat hanya ada di masa lalu saja

Sahabat jenis ini biasanya datang dalam satu waktu yang sama, seperti kegiatan lomba, atau kerja kelompok. Sehingga pada masa depan, Anda hanya bisa membawa masa lalu tersebut dalam perbincangan, bukan kembali menjadi sahabat. Bila sahabat yang bertemu bisa menambah faktor pengikat ini saat beranjak lebih besar, Anda bisa dipastikan akan bisa lebih dekat lagi.

Selain beberapa faktor di atas, ada hal lain yang kini terjadi hingga orang semakin sedikit punya sahabat saat tidak di masa sekolah lagi. Penyebabnya diantara lain karena kesibukan mengejar karir atau perniagaan, waktu yang sedikit untuk berinteraksi dengan sahabat, membagi waktu lebih untuk keluarga, masalah kesehatan, dan yang tak kalah penting: Lebih dikuasai atau ketergantungan pada gadget serta media sosial yang akut. YPWS.