H&M Minta Maaf Rilis Hoodie Bernada Rasis Yang Dikecam Luas

Usai mendapatkan kecaman luas, H&M minta maaf karena sudah merilis Hoodie Bernada Rasis.
Usai mendapatkan kecaman luas, H&M minta maaf karena sudah merilis Hoodie Bernada Rasis.

Nama baik H&M sempat tercoreng karena kesalahan sederhana yang berdampak luar biasa. Hoodie Bernada Rasis yang telah mereka rilis beberapa waktu yang lalu menjadi batu sandungan bagi mereka.

Kadung dikenal sebagai ritel busana terbesar dunia dari Swedia, pihak H&M sendiri sudah memiliki lebih dari 4.500 gerai di seluruh dunia. Wajar, banyak yan menyukai H&M karena desain pakaiannya beragam dan modis. Perusahaan yang didirikan oleh Hennes & Mauritz ini membanderol pakaiannya dengan harga yang cukup terjangkau bagi sebagian orang.

Belakangan, H&M telah menerima kritikan keras dari dunia internasional karena salah satu koleksi yang dirilisnya beberapa waktu yang lalu. Hoodie tersebut terlihat berwarna hijau dan bertuliskan ‘Coolest Monkey in the Jungle’. Tidak ada yang aneh dari tulisan itu. Yang jadi permasalahan hingga memancing emosi banyak pihak adalah model yang ditunjuk untuk berpose mempromosikan busana tersebut.

Pihak H&M sendiri sudah secara sadar menunjuk seorang bocah kulit hitam untuk mengenakan pakaian tersebut. Karuan hal ini membuat banyak pihak terpelatuck murka dan kaget. Tudingan rasis lantas membanjiri dunia maya.

Hoodie Bernada Rasis masih ada tanpa model lagi

Bagaimana tidak memicu kontroversi, slogan sederhana itu dinilai merujuk pada gerakan unjuk rasa Black Lives Matter setelah penembakan Trayvon Martin pada 2013 lalu. Beberapa orang kulit hitam kerap direpresentasikan sebagai ‘monyet’. Sindiran rasis ini sudah cukup lama digunakan dan masih sering terjadi di beberapa tempat di Amerika dan Eropa. Hal ini bahkan ikut membuat musisi The Weeknd ikut kesal.

“Terbangun pagi ini langsung kaget dan malu dengan melihat foto ini. Saya sungguh merasa tersinggung dan tak akan bekerjasama lagi dengan @hm…” cuit akun @theweeknd di Twitter.

Wajar jika ia tersinggung apalagi sebelumnya, The Weeknd pernah berkolaborasi dengan H&M dengan merilis bomber jacket September 2017 silam. Ribuan cuitan kecaman terus menyusul.

Pihak H&M lantas mengucapkan permintaan maaf dan menghapus gambar tersebut. Hoodie itu sendiri masih dijual meski tanpa gambar sang anak yang menjadi modelnya. “Gambar tersebut sekarang sudah dihapus dari semua kanal H&M dan kami memohon maaf kepada semua pihak jika hal ini dirasa sangat menyerang,” rilis permintaan maaf mereka. Awan Jakarta. YPWS.